• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Tribunnews.com

Hasil Pileg Belum Diketahui, PDIP Takut Usung Capres

Jumat, 22 Juni 2012 11:57 WIB
Hasil Pileg Belum Diketahui, PDIP Takut Usung Capres
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Cucu Presiden pertama RI Soekarno, Puan Maharani, memberikan sambutan dalam peringatan Bulan Bung Karno, di Hotel Indonesia Kempinksi, Jakarta, Rabu (6/6/2012). Bulan Juni diperingati sebagai bulannya Bung Karno karena di bulan ini Bung Karno merumuskan pemikirannya, yang kelak menjadi dasar kelahiran Pancasila. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak ingin ikut-ikutan dengan partai politik lain yang sudah berani mengusung calon presiden (capres) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Sebab, hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 belum diketahui. Di sisi lain, Rancangan Undang-undang (RUU) Pilpres yang memuat syarat administrasi agar parpol bisa mencalonkan capres masih disusun di Badan Legislasi DPR RI.

"Percuma menyiapkan calon kalau tidak memenuhi syarat administratif untuk maju dalam Pilpres. Dan PDIP mempunyai mekanisme sendiri bahwa tidak perlu juga kita ikut-ikutan aturan yang ada di partai lain, apakah memang kita mencukupi untuk maju atau tidak untuk maju ke Pilpres. RUU Pilpres sampai saat ini dalam wacana untuk dibahas," kata Ketua DPP Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga PDIP, Puan Maharani, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (22/6/2012).

Menurut Puan, DPP menyerahkan kewenangan pengusungan capres ini kepada ketua umum Megawati Soekarnoputri. PDIP juga mengamati setiap dinamika politik yang terjadi.

Namun, saat ini PDIP masih fokus pada konsolidasi internal dan eksternal agar dapat memenangkan Pileg 2014.

"Kami blm tahu persyaratan berapa persen yang akan diputuskan untuk bisa maju dalam Pilpres. Jadi, kalau kemudian kami sekarang terburu-buru untuk maju dalam Pilpres, ternyata tidak memenuhi persyaratan yang ada, lalu untuk apa? Jadi PDI tetap fokus pada konsolidasi partai untuk pemenangan Pileg," papar Puan yang juga Ketua Fraksi PDIP DPR sekaligus putri Megawati Soekarnoputri itu.
(Abdul Qodir)

baca juga:

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Gusti Sawabi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
653422 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas