• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 31 Agustus 2014
Tribunnews.com

Parapsikologi: Tak Ada Unsur Mistis, Sopir Hanya Kelelahan

Minggu, 24 Juni 2012 21:36 WIB
Parapsikologi: Tak Ada Unsur Mistis, Sopir Hanya Kelelahan
Net
bus Pahala Kencana tujuan Jakarta-Madura dan truk Beton Jaya Mix, tepatnya di Desa.Kedungbacin Kec.Todanan Kab.Blora tiba-tiba berada di hutan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kejadian aneh dan ajaib yang menimpa bus Pahala Kencana tujuan Jakarta-Madura di kawasan pantura, diprediksi tidak ada sama sekali kaitannya dengan hal-hal yang berbau mistik.

"Tidak, kecil kemungkinan ada dunia lain, sopir sering begitu dia halusinasi, pikirnya ada jalan," kata Ahli Parapsikologi, Masrukhan kepada Tribunnews.com, Minggu(24/6/2012).

Masrukhan menjelaskan kejadian masuknya bus Pahala Kencana ke hutan jati di wilayah Blora, Jawa Tengah lebih disebabkan karena faktor kelelahan dan menumpuknya beban pikiran sang sopir, sehingga sering menghayal dan batinnya tidak tenang.

"Kelelahan, banyak masalah jadi sering menghayal, tidak jelas realitas, karena ketidaktenangan batin," ujarnya.

Selain itu lanjut Maslukhan sopir juga diduga telah diberi sugesti terhadap tempat-tempat angker oleh sesama pengemudi saat berkumpul.

"Sering itu sopir kalau bertemu saling bercerita, sering dibilangin, begitu, jadi semacam sugesti," jelasnya.

Peristiwa serupa bus Pahala Kencana kata Masrukhan memang kerap terjadi di lokasi pantai utara Jawa.

Fenomena tersebut dinamai halusinasi negatif, dimana ketika seorang sopir bus memikirkan sebuah jalan terbentang di hadapannya, tetapi nihil.

"Kalau dari para psikologi sopir halusinasi mungkin ada beban masalah pernah dengar daerah situ angker dia percaya, pertama kesitu, saat itu malam gelap," jelasnya.

Penyebab dari adanya halusinasi yang muncul tersebut bisa saja berasald ari obat-obatan atau sang sopir memang kelelahan usai mengemudikan mobil bus berbadan besar seperti Pahala Kencana.

Untuk itulah Masrukhan menyarankan agar diadakan penyuluhan kepada para sopir bus sebelum membawa armada bus melakukan perjalanan jauh.

Seperti diketahui sebelumnya, 

Kejadian aneh bin ajaib menimpa sebuah bus Pahala Kencana tujuan Jakarta-Madura dan truk beton Jaya Mix. Seperti masuk sebuah mesin waktu, kedua kendaraan besar tersebut secara tiba-tiba berada di sebuah hutan jati gelap gulita di kawasan Blora, Jawa Tengah dalam waktu sekejap.

Awalnya bus Pahala Kencana dan truk beton melintas di jalur pantura tepatnya di jalur Juwana-Rembang,Kamis(22/6/2012) dini hari. Karena situasi macet sang sopir mencoba mencari jalur alternatif. Akan tetapi sesampainya di jalur Jaken, atau Kabupaten Pati wilayah paling selatan, sopir merasa sudah berada di jalur pantura, namun justru mengarah ke Kabupaten Blora.

Ketika melintas, memang lajur yang dilalui adalah jalan desa, mendadak mereka masuk ke hutan Gadogan di desa Kedungbacin, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Wilayah ini dikenal sebagai perbukitan hutan jati. Anehnya, saat mau mendahului truk beton yang berada di depannya, kernet mencoba menahan sopir, agar truk naik dulu ke jalan yang menanjak, setelah truk bisa naik, bus mencoba naik, namun ban belakang selip dan mundur, kemudian terdengar suara benturan, kernet seketika turun dan mencoba mengecek, setelah dicek dengan sopir, mesin seketika mati, saat sopir mengecek body bus, seketika kaget, karena dia melihat pohon jati dan setelah memutar dia berada di tengah-tengah hutan, dia mulai tersadar jam 02.30 WIB dini hari dan kernet mencoba membangunkan penumpang yang berjumlah 33 orang.

Berita Lainnya
Penulis: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
27 KOMENTAR
660841 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Agoeng ßs-Kamis, 29 Agustus 2013 Laporkan
    Masrukhan koplak.. !!
    Saya curiga Anda adalah pasien RSJ yang kabur $ sekarang mengaku sbg Ahli Parapsikologi...
    ck ck ck ck... ^_^
  • henry kharisman-Kamis, 7 Maret 2013 Laporkan
    mf tlg bpak sekolah lg dc, biar gak beropini kayak org toloolll..., klo blm lulus pendidikan psikologiny gx usah ksi pendapat dlu pak. menurut sy, ada hal yg bs d buktikan scara ilmiah, namun ad jg hal yg bebntuk spiritual..INI JELAS !!!!!tks
  • collibry-Minggu, 14 Oktober 2012 Laporkan
    BlagaK sok ilmiah tpi mlah kliatan bodonya,pak pak,gak smuanya bsa d terangin dg logika,bnyak hal di luar logika kita,blajar lagi pak..
  • anymous-Senin, 23 Juli 2012 Laporkan
    Saya tdk setuju dgn pendapat ahli psiklologi d ats, menurut pndapat saya mmng tdk ad unsur mistis, namun relaistis dr sisi iptek, bagaiman bs terjadi sampai 2 org supir yaitu supir truck n Bis yg kelelahan sampai2 kesasar, logikanya bs klo cuman salah sat
  • Yogo Nugroho-Sabtu, 14 Juli 2012 Laporkan
    BERKOMENTARLAH DENGAN MELIHAT FAKTA DAN DATA DULU. JANGAN HANYA MEREKA REKA SAJA... KEJADIAN INI MERUPAKAN DI LUAR HAL YANG MUNGKIN DI LAKUKAN MANUSIA... SEBAIKNYA ANDA LEBIH BIJAK DALAM BERPENDAPAT. TUHAN ITU ADA. DAN MAKHLIK GAIB JUGA ADA.
  • Alfaris Snuterz-Jumat, 13 Juli 2012 Laporkan
    kalau memang cuma halusinasi, Mending bicara Fakta aja deh.
    Kok Bus gak Ke Gores , kok bus bisa masuk ke Hutan selebat gitu ?

    Berarti Anda Tidak Mengakui Bahwa Tuhan Ada.
  • Yatno Udah-Sabtu, 30 Juni 2012 Laporkan
    Alangkah baiknya pak Masrukhan bicara pake "Fakta" yg ada di lapangan dan juga yg paling penting lg jgn Takabur dech.....!!
  • Widigdo Sumarno-Jumat, 29 Juni 2012 Laporkan
    ini bukti nyata yg lebih ekstrim dari Program Dunia Lain nya Rudy Kawilarang .
  • tyo tyos-Kamis, 28 Juni 2012 Laporkan
    sebaiknya si Ahli Parapsikologi, Masrukhan, dijemput trus dibawa ke lokasi hutan tersebut; atau dia sendiri yang datang langsung ke lokasi. setelah dia tahu lokasi langsung, kita lihat bagaimana pendapatnya, apakah masih seperti yang diutarakan sebelumnya
  • Aki Dadungawuk-Kamis, 28 Juni 2012 Laporkan
    Pak Masrukhan,Bapak mengatakan pengemudi berhalusinasi,tapi dengan tidak adanya jalan yang menuju hutan itu serta tidak adannya bekas ban apa Bapak akan mengatakan kalau bekas ban itu sudah di hapus/dibersihkan?.
  • Mehmed Bagus-Kamis, 28 Juni 2012 Laporkan
    ini namanya, mentang-mentang belajar psikologi, lalu berusaha menerangkan hanya dari pengetahuannya yang cuma seupil, tanpa melihat data-data pendukungnya, yaitu, kalo halusiinasi, kenapa bisa bareng 3 mobil besar, trus jalan yang ada hanya selebar 1,5m,
  • santi_h-Kamis, 28 Juni 2012 Laporkan
    secara nalar mana mungkin kendaraan berbobot berton2 sampai di tengah hutan tanpa jejak ban....mungkin pendapat Masrukhan tdk pakai nalar kali yaa....kalo perlu Masrukhan dtg aja ke lokasi,liat secara cermat...jangan asal berpendapat....
  • Irwan Syach-Kamis, 28 Juni 2012 Laporkan
    kalo ga ada unsur mistis bagai mana dengan kondisi bus yg utuh dan tidak ada jejak ban mobil...padahal mobil nya besar2 secara logis pasti ada tapak ban.dan itu kejadian nya ga sendirian tp banyak,saya rasa itu bukn kelelahan ......karena yg mengalaminya
  • adrian kds-Kamis, 28 Juni 2012 Laporkan
    masrukhan, anda kalau tidak tahu pasti jangan ngomong, kalau ngomong lihat dulu kenyataan dilapangan, baru berkomentar. Alam itu ada 2 alam nyata dan Ghoib, dan semua agama juga menjelaskan hal itu.
  • Aries Palgunhadi-Kamis, 28 Juni 2012 Laporkan
    Masrukhan itu bukan para parapsikologi tapi tukang jual jamu palsu.....Masrukhan anda itu punya agama tidak....APA YG TIDAK MUNGKIN DI DUNIA INI ATAS KEHENDAK NYA...apa anda tidak bisa liat atau baca fakta2 yg ada...MELEK MATA ANDA JANGAN ASAL NJEPLAK ITU
  • Ruddy-Rabu, 27 Juni 2012 Laporkan
    Pendpt parapsikologi adalah pembodohan publik, kt dilarang berfikir oleh mereka. USA sendiri sampai membentuk dept khusus utk mempelajari hal2 yg bersifat mistis.
    Mrk yg mengaku parapsikologi coba jelaskan kenapa sampai terjadi bus PK dan 2 tronton di dlm
  • Imam bonjol-Rabu, 27 Juni 2012 Laporkan
    Halusinasi kog wong okeh,,, nek halusinasi yo wong siji tok lek,,,,goblokem iku lho,,,,
  • Wiwik Avail-Rabu, 27 Juni 2012 Laporkan
    semua kehendak Alloh swt.....
  • dodi-Selasa, 26 Juni 2012 Laporkan
    Aneh banget...
  • ladygagap-Selasa, 26 Juni 2012 Laporkan
    Kejadian itu mmg sulit dijelaskan scr
    ilmiah. Justru tdk äϑā hubungannya dgn
    kondisi psikis sopir dgn letak bus yg
    tiba2 diHutan. Pdhal kejadian itu sdh
    banyak yg alami. Jd harus diyakini bahwa
    äϑā hal ghaib yg berlaku dikejadian itu,
    entah it
  • Tampilkan lainnya
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas