• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 19 September 2014
Tribunnews.com

Tak Ada WNI Jadi Korban Banjir di Rusia

Senin, 9 Juli 2012 07:41 WIB
Tak Ada WNI Jadi Korban Banjir di Rusia
AFP
banjir yang terjadi di kawasan Krasnodar, Rusia, Sabtu (7/7/2012).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nicolas Timothy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Banjir di Rusia, Tidak Ada WNI Jadi Korban.
Banjir bandang di Rusia melanda wilayah Krasnodar maupun kota Krymsk. Sejauh ini tidak ada WNI, menjadi korban banjir bandang di wilayah Rusia tersebut pada hari Minggu malam (8/7/2012).

Sesuai siaran pers yang diterima Tribunnews.com, Duta Besar RI untuk Moskow, Djauhari Oratmangun, dalam pesan melalui blackberry messenger  kepada PLE Priatna Direktur Informasi dan Media Kemenlu (pukul 19.00 WIB) membenarkan bahwa hingga Minggu sore hari waktu Moskow (8/7/12) tidak ada warga Indonesia yang menjadi korban. KBRI Moskow terus mengikuti dan memantau perkembangan tersebut, bekerjasama dengan berbagai instansi terkait di Rusia.

“KBRI Moskow menyampaikan rasa duka dan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada warga Rusia yang tertimpa bencana serta kepada Pemerintah Rusia”,  kata Djauhari Oratmangun dalam pesannya  kepada portal Kemlu.

Banjir besar ini menyusul turunnya hujan lebat selama satu bulan terakhir dengan curah terbesar terjadi pada Jumat (5/6/2012) dan diharapkan segera berakhir pada Senin (9/7/2012).

Sementara itu kantor berita Voice of America (VOA) pada tanggal 8/7/2012 melaporkan bahwa  Presiden Rusia Vladimir Putin meninjau daerah yang rusak akibat banjir bandang di wilayah Krasnodar, Rusia, hari Sabtu (7/7), dan memerintahkan dilakukannya penyelidikan terhadap para pejabat lokal dalam menangani musibah banjir yang mengakibatkan jatuhnya korban sebanyak lebih dari 144 orang tersebut.

Penduduk kota Krymsk yang dilanda banjir terparah, kaget dan merasa tidak ada peringatan dini (early warning),  sebelum banjir bandang melanda pada tengah malam, membanjiri rumah-rumah, membalikkan mobil-mobil, dan merusakkan jalan-jalan, serta menenggelamkan banyak warga wilayah itu. Warga yang selamat mengatakan, mereka tidak diberi bantuan atau pertolongan saat terjadinya musibah tersebut.

Sebagian besar korban tewas berada di dalam rumah dan sekitar kota Krymsk, kota berpenduduk 57.000 orang. Selain itu, sembilan orang dinyatakan tewas di kota wisata Laut Hitam Gelendzhik dan dua orang lagi tewas di kota pelabuhan Novorissiysk.

Televisi Rusia menayangkan ribuan rumah di kawasan itu hampir seluruhnya tenggelam dan polisi mengatakan korban tewas sebagian besar adalah orang tua yang lelap tidur saat bencana datang.

baca juga:

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Gusti Sawabi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
705471 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • nopriyanto-Senin, 9 Juli 2012 Laporkan
    Syukurtlah kalau tidak ada korban banjir di rusia. Sebelumnya pemerintah indonesia sudah mempersiapkan segalanya jika memang terjadi hal yang tidak diinginkan bagi WNI yang ada di Rusia. Selama ini pemerintah indonesia sudah memperisiapkan pasilitasnya ba
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas