• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 April 2014
Tribunnews.com

DPR Hanya Mampu Selesaikan 2 RUU Masa Sidang IV

Jumat, 13 Juli 2012 19:26 WIB
DPR Hanya Mampu Selesaikan 2 RUU Masa Sidang IV
Rahmad Hidayat/Tribunnews.com
Marzuki Alie

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmalia Rekso P

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hanya menyelesaikan 2 Rancangan Undang-Undang (RUU) dalam masa sidang IV 2011-2012.

Kedua RUU tersebut, yakni RUU Sistem Peradilan Anak dan RUU Pendidikan Tinggi.

Demikian disampaikan Ketua DPR, Marzuki Alie, saat menyampaikan pidato penutupan masa sidang IV dalam Rapat Paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (13/7/2012).

Dalam pidatonya, Marzuki Alie mengatakan RUU Sistem Peradilan Anak adalah pengganti atas UU Nomor 3 tahun 1997 tentang Pengadilan Anak.
"RUU ini dibentuk dengan tujuan agar dapat terwujud peradilan yang benar-benar menjamin perlindungan kepada anak yang berhadapan dengan hukum," kata Marzuki.

Lebih lanjut Marzuki mengatakan, RUU ini menggunakan pendekatan keadilan restoratif yang merupakan penyelesaian secara adil yang melibatkan pelaku, korban, keluarga dan pihak yang terkait dalam suatu tindak pidana.

Sementara itu, untuk RUU Pendidikan Tinggi bertujuan agar penyelenggaraan pendidikan tinggi yang harus didasarkan pada kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuwan.

Penyelenggaraan pendidikan tinggi harus bebas dari pengaruh politik praktis.

"RUU tentang Pendidikan Tinggi memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata politisi Partai Demokrat itu.

Marzuki menambahkan, pada masa sidang IV yakni 14 Mei-13 Juli 2012, ada sejumlah RUU yang belum selesai dibahas di antaranya RUU Pangan, RUU Aparatur Sipil Negara, RUU Keistimewaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, RUU Pendidikan Kodekteran.

Termasuk RUU Koperasi, RUU Organisasi Masyarakat dan RUU tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pembalakan Liar.

"Besok kita akan memulai masa reses (libur sidang) yang cukup pendek waktunya. Untuk itu, kiranya para anggota DPR dapat mempergunakan waktu reses yang pendek ini secara efektif dan efisien. Perlu diperhatikan juga dalam mengisi masa reses ini, ada manfaat (outcomes) dalam kegiatan reses tersebut, khususnya manfaat bagi para konstituen yang ada di masing-masing daerah pemilihan," tukasnya.

KLIK JUGA:

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Yaspen Martinus
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
722331 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas