• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

Fauzi Bowo: Mari Dukung Sensus Pajak Nasional

Kamis, 19 Juli 2012 00:07 WIB
Fauzi Bowo: Mari Dukung Sensus Pajak Nasional
Red
Fauzi Bowo dan Petugas Sensus Pajak

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mendukung langkah Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) menggelar program Sensus Pajak Nasional yang akan memasuki pelaksanaan tahap ke 2. Ia mengharapkan warga Jakarta memberikan respon positif terhadap pelaksanaan Sensus Pajak Nasional tahap 2 ini yang difokuskanpada wajib pajak perorangan. “Kami sangat mendukung, namun kami juga mengharapkan dalam pelaksanaan nanti jangan sampai menyulitkan warga,” kata Gubernur Fauzi Bowo.

Sensus Pajak Nasional ini diharapkan dapat membangun kepercayaan masyarakat kepada lembaga perpajakan.‚Ä®Fauzi Bowo yang akrab dipanggil Foke ini mengatakan, masyarakat Jakarta adalah warga yang bijak dan taat membayar pajak. “Dengan adanya sensus ini, warga Jakarta yang terdata menjadi wajib pajak tentu juga akan bertambah,” katanya.

Untuk keberhasilan peningkatan pendapatan negara dari pajak, Foke berharap agar instansi dan apatur pajak juga dapat terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat. Ini penting agar kepercayaan masyarakat juga meningkat. Jadi jangan ada lagi misalnya, masyarakat merasakan proses yang berbelit-belit. Salah satu penyebab sebagian masyarakat lalai dalam melaksanakan kewajiban pajaknya selama ini adalah karena proses yang masih dirasakan berbeli-belit,” katanya.

"Kepercayaan masyarakat terhadap Ditjen Pajak harus ditumbuhkan terlebih dahulu. Yakinkan mereka bahwa pajak yang dipungut dari masyarakat memang benar-benar untuk kepentingan Negara. Tidak ketinggalan, profesionalisme aparat pelayanan pajak juga harus ditingkatkan," katanya.

Dari sisi aparat pajak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Foke juga melakukan berbagai hal untuk menaikan pendapatan dari pajak. Ia melakukan evaluasi dan pembenahan terhadap aspek-aspek kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM), serta Dasar Hukum Pemungutan dan Sistem Pemungutan terhadap pelaksanaan pemungutan pajak. "Dari sisi SDM, secara kuantitas Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta sudah menerima dan mendidik 172 CPNS tentang teknis perpajakan. Dari sisi dasar hukum pemungutan, telah diselesaikan 11 Perda terkait Pajak Daerah. Saat ini, petunjuk pelaksanaan dari masing-masing Perda tersebut masih dalam proses penyusunan," jelas Fauzi Bowo. Dengan berbagai langkah tersebut, Foke berharap instansinya dapat memberikan dukungan maksimal terhadap Sensus Pajak Nasional di tahun 2012 ini.

 

Narasumber: Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta

Editor: Alexander Siahaan
0 KOMENTAR
738011 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas