• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 17 April 2014
Tribunnews.com

Siapapun Jangan Intervensi Seleksi CPNS

Minggu, 22 Juli 2012 12:22 WIB
Siapapun Jangan Intervensi Seleksi CPNS
Tribunnews.com/Iwan Taunuzi
Peserta CPNS Kemenhum dan HAM mengikuti ujian di Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (24/10/2010).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Hakam Naja meminta proses seleksi penerimaan calon pegawai  negeri sipil (CPNS) agar bebas dari intervensi siapapun juga.

"Tes seleksi CPNS dengan sistem CAT (computer assisted test) sehingga benar-benar menggambarkan kemampuan calon dan langsung diumumkan sehingga tak ada intervensi siapapun," kata Naja ketika dikonfirmasi Tribunnews.com, Minggu (22/7/2012).

Dikatakan pengajuan formasi penerimaan CPNS mestinya dengan analisis jabatan dan beban kerja sehingga jelas tugas apa yang akan diemban setelah diterima. "Ini kami tekankan dalam penerimaan CPNS," kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Sejumlah Kementerian melaksanakan seleksi CPNS dalam waktu dekat diantaranya Kementerian Keuangan dan Kementerian Hukum dan HAM. Sejumlah daerah juga melaksanakan penerimaan CPNS yang dikritik sejumlah kalangan karena dikhawatirkan berbau nepotisme.

LSM FITRA misalnya meminta pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2012 harus dibatalkan. Pasalnya, berdasarkan SKB menteri tentang moratorium PNS baru akan berakhir pada 3 Desember 2012.
Artinya, apabila seleksi CPNS tetap dilakukan serentak pada 8 September 2012, maka hal tersebut sudah melanggar SKB mengenai moratorium PNS.
FITRA menduga tetap dilaksanakannya seleksi CPNS tahun 2012 adalah untuk melanggengkan praktek-praktek mafia PNS.

(Aco)

baca juga:

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Sugiyarto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
749092 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas