• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribunnews.com

SNMPTN Tanpa Ujian Tulis Mulai Tahun Depan

Minggu, 22 Juli 2012 13:33 WIB
SNMPTN Tanpa Ujian Tulis Mulai Tahun Depan
TRIBUN SUMSEL/M.AWALUDDIN FAJRI
Peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 mengikuti ujian hari pertama di gedung fakultas hukum Universitas Sriwijaya Bukit Besar Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (12/6/2012). Materi ujian hari pertama adalah tes potensi akademik dan kemampuan dasar (TRIBUNSUMSEL/M A FAJRI)

Laporan Wartawan Surya, Nuraini Faiq

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) rencana meniadakan ujian tulis pada Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013 nanti.

Staf Ahli Media Kemendikbud Sukemi menyatakan kepastian tersebut saat berbincang dengan wartawan Surya (TRIBUNnews.com Network), Minggu (22/7/2012). Semangat menghapus ujian tulis untuk mengurangi beban siswa.

"Setelah kita evaluasi, tugas belajar siswa kita sangat berat. Ujian semester belajar, Ujian Nasional (Unas) belajar, masak SNMPTN belajar lagi," terang Sukemi yang menjenguk anaknya sekolah di Sidoarjo.

Hasil belajar di jenjang SMA nanti akan menjadi tiket untuk mendaftar di setiap PTN. Semua siswa berkesempatan mendaftar ke setiap PTN yang diimpikannya. Tentu akan dilihat nilai dan kelayakan mereka di PTN tersebut.

Karena tak ada ujian tulis, Sukemi memastikan bahwa masuk PTN besok hanya didasarkan pada hasil nilai sekolah dan nilai Unas. Keduanya akan dijadikan patokan utama menentukan siswa diterima tidaknya di PTN.

Bagaimana dengan kondisi dan tingkat kejujuran nilai sekolah dan Unas yang kadang diragukan. Sukemi mengabaikan pertimbangan ini. Meski diakui bahwa ada peluang sekolah mengatrol nilai rapor atau mengerjakan Unas dengan cara tak jujur.

"Kami ingin memberi kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh siswa di mana saja. Hasil Unas akan menjadi tiket terusan bersama rapor. Tentu semakin bagus nilai keduanya semkain berpeluang masuk PTN yang diinginkan," lanjut Sukemi.

Pertimbangan lain juga lebih efisien dan siswa tidak makin dibebani belajar untuk ujian masuk PTN. Keputusan meniadakan ujian tulis SNMPTN itu sudah diputuskan bersama seluruh rektor PTN di seluruh Indonesia.(*)

Tanggapan Rektor UGM

Berita Lain

Editor: Dahlan Dahi
Sumber: Surya
0 KOMENTAR
749211 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas