• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

Sidang Pendahuluan uji Materiil UU Pemda Digelar

Jumat, 10 Agustus 2012 15:04 WIB
Sidang Pendahuluan uji Materiil UU Pemda Digelar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari ini sidang pendahuluan uji materiil Pasal 30 ayat (1) dan ayat (2) UU No.12 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Daerah digelar. Dalam sidang ini, Majelis Panel Mahkamah Konstitusi meminta pemohon mengubah salinan permohonannya.

"Pemohon diberi waktu untuk memperbaiki permohonannya 14 hari," kata Ketua Majelis Panel Mahkamah Konstitusi, Achmad Sodiki dalam persidangan yang digelar di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2012).

Dalam kritikannya, Majelis Panel memberi beberapa saran yakni agar Pemohon mempertajam hubungan dari hak dan kewenangan yang dimiliki oleh Pemohon.

"Pemohon perlu menjelaskan lebih detil hubungan sebab akibat antara kerugian hak dengan kewenangan yang dimaksud dengan berlakunya UU ini," ujar Achmad Sodiki.

Selain hubungan konstitusional antara pemohon dengan UU yang diujikan, Majelis Panelkembali menambahkan saran untuk Pemohon, yakni proses pemberhentian kepala daerah itu ada tiga mekanismenya meninggal dunia, permintaan sendiri, dan diberhentikan.

"Saudara perlu menjelaskan, apakah kasus Agusrin itu masuk ranah korupsi atau tindak pidana umum? Kalau korupsi, aturannya ada di Pasal 31, sedangkan Pasal 30 itu berbicara mengenai tindak pidana umum," kata Anggota Majelis Panel, Akil Mochtar.

Kemudian, Majelis Panel juga meminta Pemohon untuk mempertegas penggunaan pasal dalam UU Pemda untuk menjerat kepala daerah yang melakukan korupsi.

"Kasus korupsi itu bukan pada Pasal 30 tetapi Pasal 31 yang diterapkan. Untuk permintaan dalam permohonan juga perbaiki kembali," kata Anggota Majelis Panel, Muhammad Alim. 

Berita Terkait: Pemilihan Gubernur DKI
Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Rachmat Hidayat
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
818602 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas