• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 17 April 2014
Tribunnews.com

Mau Pantau Mudik? Cukup Akses SIASATI Kemenhub

Sabtu, 11 Agustus 2012 22:20 WIB
Mau Pantau Mudik? Cukup Akses SIASATI Kemenhub
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan informasi angkutan mudik Lebaran 2012, kini tak perlu pusing-pusing lagi. Kementerian Perhubungan kini menyediakan aplikasi istem Informasi Angkutan dan Sarana Transportasi Indonesia atau SIASATI.

Sistem ini  digunakan untuk melaporkan data operasional angkutan dan sarana transportasi pada Posko Angkutan Lebaran 2012. Serta dapat diakses mudah oleh masyarakat.

Aplikasi SIASATI ini merupakan sistem informasi berbasis elektronik yang terintegrasi untuk pelaporan data operasional angkutan dan sarana transportasi terhadap kegiatan operasional transportasi di seluruh wilayah Indonesia.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan dalam rilisnya kepada Tribunnews.com menjelaskan, SIASATI terbagi menjadi dua kategori yaitu input data yang akan berkaitan dengan user input data (operator) dan dashboard yang berkaitan dengan proses pengambilan keputusan secara elektronik.

Input data dilakukan oleh operator yang berwenang yaitu setiap wali data dari sub sektor darat, laut, udara, kereta api dan penyeberangan secara langsung dan data yang telah diinput tersebut akan diolah menjadi tampilan dashboard dengan tampilan grafik yang berdasarkan per hari, per provinsi, per kabupaten/ kota hingga per jam.

"Masyarakat luas dapat mengakses dengan cepat grafik data angkutan di bidang transportasi secara nasional, antara lain; data penumpang angkutan jalan, ASDP, angkutan udara, angkutan laut, dan angkutan Kereta Api dalam satu hari," tulis Bambang S Ervan.

Pergerakan kendaraan pada posko pantauan, armada angkutan, dan trend penumpang serta perbandingan penumpang arus mudik dan arus balik tahun ini dibandingkan tahun lalu pada seluruh moda angkutan dapat diakses melalui alamat web:  siasati.dephub.go.id/report dengan cara meng klik masing-masing moda angkutan yang bisa dilihat (dapat dibuka pada PC yang sudah dilengkapi dengan Flash 8).

SIASATI ini dibentuk atas dasar Instruksi Menteri Perhubungan Nomor IM. 4 Tahun 2012. Hal tersebut guna meningkatkan kecepatan, ketepatan, keakuratan, dan transparansi dalam kegiatan pemantauan dan pelaporan secara elektronik yang dapat diakses secara online dan realtime oleh masyarakat.

Editor: Yulis Sulistyawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
822842 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas