• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 18 April 2014
Tribunnews.com

Komnas HAM Kecewa Kejaksaan Gantung Nasib Bahar

Senin, 13 Agustus 2012 17:32 WIB
Komnas HAM Kecewa Kejaksaan Gantung Nasib Bahar
net

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komnas Hak Azasi Manusia (HAM) Ifdhal Kasim, menyayangkan sikap Kejaksaan Agung RI yang tidak kunjung memberi kepastian khususnya soal grasi terhadap terpidana mati Bahar bin Matsar hingga akhir hayat sang terpidana.

Saat dihubungi Tribunnews.com, Senin (13/8/2012), Ifdhal mengatakan Bahar seharusnya menjadi prioritas Kejaksaan, selain karena umurnya yang sudah lanjut, yakni 80 tahun Bahar juga menderita penyakit kronis.

"Kita kecewa, respon lamabat dari pemerintah, dan lama diberikan terhadap permohonan kami. Karena mestinya itu harus ditindaklanjuti, mengingat terpidana itu sudah sangat tua," katanya.

Informasi yang dihimpun Tribunnews.com, pada 5 Maret 1970, Bahar dijatuhi hukuman mati oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tembilahan dengan hukuman mati atas tindak perampokan, pembunuhan, perkosaan, dan penculikan. Ia dipenjara di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta, sampai tahun 1983. Setelah itu, ia disel di LP Batu, Nusakambangan.

Komnas HAM sempat merekomendasikan grasi untuk Bahar pada 2007 lalu, setelah sebelumnya grasi bahar berkali-kali ditolak. Warga Indragiri Hilir, Riau itu akhirnya meninggal kemarin, Minggu (12/8/2012) di RSUD Cilacap, akibat penyakit TBC yang telah bertahun-tahun diderita

Sebelum Bahar tewas, Ifdhal mengaku sempat menanyakan kelanjutan rekomendasi Komnas HAM kepada Kejaksaan, namun Jaksa tidak kunjung memberi kepastian.

Ifdhal lebih lanjut menjelaskan, bahwa Komnas HAM juga sempat merekomendasikan sejumlah terpidana mati untuk mendapatkan grasi. Namun ia mengakui Kejaksaan juga memberikan reaksi yang sama.

Mengenai langkah selanjutnya, Ifdhal mengaku belum memutuskan. Komnas HAM menurutnya masih terus mempelajari kasus tersebut.

BACA JUGA

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
827871 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas