• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Tribunnews.com

KPU Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2014

Selasa, 14 Agustus 2012 14:24 WIB
KPU Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2014
TRIBUNNEWS/Argianto DA Nugroho
Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik (kanan) didampingi Den Yelta, Ketua KPU Provinsi Kepri, menjadi narasumber saat sosialisasi UU No. 8 Tahun 2012 di Hotel Harmoni, Batam, Rabu (31/7/2012). UU No. 8 Tahun 2012 berisi tentang tata cara pemilihan umum anggota DPR, DPD, dan DPRD. TRIBUN BATAM/Argianto DA Nugroho

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran pemantau pemilu 2014 mulai hari ini. Pendaftaran mengacu pada peraturan KPU Nomor 10 tahun 2012 mengenai pemantau dan tata cara pemantauan pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014.

"Disana diatur pendaftaran pemantauan, akreditasi ada kode etik, kami berpandangan pemilu yang demokratis yang berintegrasi ada sumbangsih dari pemantau. Kita mengajak partisipasi pemantau sejak awal," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (14/8/2012).

Husni mengatakan pendaftaran tersebut sebagai terobosan baru karena digelar sejak awal. Pembukaan pendaftaran pemantau pemilu dilakukan agar mereka tidak terfokus mengawasi pada hari pemungutan saja. Namun dimulai sejak awal serta difasilitasi oleh KPU.

"Pemilu tidak diawasi saja oleh Bawaslu, tetapi partisipasi masyarakat secara luas. Bukan satu tahapan saja tetapi rangkaian sejak awal hingga akhir," katanya.

Pemantau pemilu yang bisa mendaftar dan diakrediatsi oleh KPU meliputi LSM, badan hukum, lembaga pemantau dari luar negeri, lembaga pemilihan luar egeri dan perwakilan sahabat.

"Pemantau pemilu juga bisa dari perseorangan dalam negeri yang tidak berkedudukan sebagai pengurus dan anggota partai politik," jelasnya.

Husni menjelaskan syarat sebagai pemantau pemilu harus bersifat independen dan mempunyai sumber dana yang jelas. Selain itu mereka mendapat akreditasi dari KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

"Pendaftaran mulai besok sampai H-7 sebelum pemilu yakni 2 April 2014," pungkasnya.

BACA JUGA:

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
831042 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas