Jumat, 28 November 2014
Tribunnews.com

Tim Paskibraka Sudah Mulai Latihan di Istana

Selasa, 14 Agustus 2012 13:11 WIB

Tim Paskibraka Sudah Mulai Latihan di Istana
TRIBUN KALTIM - BALIKPAPAN/FACHMI RACHMAN
ARTIS SEHARI - Warga mengabadikan pasukan pengibar bendera pusaka (PASKIBRAKA) Kota Balikpapan saat melaksanakan penaikan duplikat bendera Merah Putih di Lapangan Merdeka Balikpapan, Rabu (17/08). Aksi Pasukan Paskibraka yang merupakan siswa-siswi pilihan dari sekolah-sekolah yang ada di Balikpapan menjadi tontonan yang menarik tersendiri bagi warga yang menyaksikan peringatan HUT RI ke 66.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga hari lagi peringatan kemerdekaan RI akan dirayakan, salah satu bagian yang penting dalam perayaan HUT RI adalah keberadaan tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan mengibarkan replika bendera pusaka pada tanggal 17 Agustus nanti di Istana Merdeka.

Tribunnews menyambangi lokasi karantina dan latihan para anggota paskibraka di Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur.

Terlihat lokasi yang menjadi pusat kegiatan tim paskibraka tampak sepi, ternyata tim Paskibraka sudah mulai berlatih di Istana.

Seorang petugas di Taman Wiladatika mengatakan, para anggota Paskibraka dikarantina di lokasi sejak tanggal 16 Juli, mereka berlatih di Taman Wiladatika sebelum kemudian menjelang hari H, mereka berlatih langsung di Istana.

"Udah di istana latihannya mas, nanti kalau enggak salah tanggal 16 itu sudah menginap di mess disana," kata petugas tersebut kepada Tribunnews saat ditemui di lokasi karantina Paskibraka, di Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (14/8/2012).

Selama masa penggojlokan sebulan itu, para anggota paskibraka selain terus mendapat pelatihan, mereka juga dibekali berbagai macam hal-hal yang bermanfaat, mulai dari baris berbaris, mengenai kerjasama, kepemimpinan dan lain sebagainya.

Tim Paskibraka yang memiliki komposisi pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45 secara rutin bertugas mengibarkan Bendera Pusaka (sejak 1967 yang digunakan duplikat bender apusaka) pada setiap perayaan hari raya kemerdekaan RI 17 Agustus di Istana Merdeka.

Anggotanya dipilih dari setiap provinsi yang ada di Indonesia. Para anggota Paskibraka yang terpilih merupakan pilihan terbaik dari daerah mereka masing-masing.

Biasanya, satu tim pasukan dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama bertugas mengibarkan bendera pusaka pada tanggal 17 Agustus pagi, sedangkan kelompok satunya bertugas dalam penurunan bendera pada sore harinya.

Baca berita terkini lainnya

Penulis: Bahri Kurniawan
Editor: Willy Widianto
Sumber: Tribun Jakarta

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas