• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

Kenaikan Gaji PNS Diharapkan Tingkatkan Daya Beli

Jumat, 17 Agustus 2012 13:21 WIB
Kenaikan Gaji PNS Diharapkan Tingkatkan Daya Beli
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pidato di depan Anggota DPR dan DPD pada sidang paripurna bersama untuk menyambut HUT RI yang ke 66, di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/8/2011). Turut hadir pula dalam acara itu Wakil Presiden Boediono, menteri kabinet Indonesia bersatu II serta mantan presiden dan mantan wakil presiden, serta tokoh nasional. (TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Andi Timo Pangerang menegaskan pidato Presiden SBY di gedung DPD/DPR RI Jakarta, Kamis (16/8/2012), malam, membawa semangat baru dengan adanya rencana untuk penyesuaian gaji PNS, TNI/Polri 7% mengikuti inflasi pada tahun 2013.

"Juga rencana penyesuaian gaji hakim-hakim," kata Timo Pangerang ketika dikonfirmasi Tribunnews.com, Jumat (17/8/2012).

Menurut politisi Demokrat ini dengan penyesuaian gaji itu diharapkan daya beli masyarakat tetap terjaga dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. "Biasanya penyesuaian gaji diikuti lebih awal dengan kenaikan harga-harga namun hukum pasar pada akhirnya berlaku. Permintaan dan penawaran yang akhirnya membentuk harga," katanya.

Dalam pidatonya, Presiden menegaskan Pemerintah merencanakan penyesuaian gaji pokok dan pensiun pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta anggota TNI dan Polri sebesar rata-rata 7 persen, mengacu pada tingkat inflasi.

 
"Pemerintah juga merencanakan kenaikan gaji para hakim ke tingkat yang lebih baik, sepadan dengan tugas dan tanggung jawabnya," kata SBY.

Dengan pokok-pokok kebijakan itu, SBY menegaskan alokasi anggaran belanja pegawai dalam RAPBN 2013 direncanakan sebesar Rp241,1 triliun. "Jumlah ini meningkat Rp28,9 triliun atau 13,6 persen dari pagu belanja pegawai dalam APBN-P 2012," ujarnya.

Ditegaskan dalam rangka menuntaskan pelaksanaan program Reformasi Birokrasi pada Kementerian Negara/Lembaga, peningkatan alokasi belanja pegawai itu, juga direncanakan untuk anggaran remunerasi.  (aco)

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Gusti Sawabi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
840481 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas