• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 23 Agustus 2014
Tribunnews.com

Banjir Bandang di Aceh Tenggara, Enam Orang Hilang

Sabtu, 18 Agustus 2012 14:40 WIB
Banjir Bandang di Aceh Tenggara, Enam Orang Hilang
SERAMBI/ASNAWI
Sebuah rumah rusak terkena kayu gelondongan yang terbawa banjir bandang yang terjadi Kamis (12/4) di Desa Rikit Bur Satu, Kecamatan Bukit Tusam, Aceh Tenggara Jumat (13/4).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sehari menjelang Lebaran, bencana melanda kawasan Aceh Tenggara, Nanggroe Aceh Darussalam. Banjir bandang menghantam Desa Naga Timbul Liang Pangi, Kecamatan Leuser, Sabtu (18/8/2012) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari.

"Akibat bencana ini, laporan sementara sedikitnya 6 orang dilaporkan hilang, 50 rumah rusak, jalan longsor di 15 lokasi," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada Tribunnews.com, Sabtu (18/8/2012).

Dijelaskan Sutopo pihaknya masih dalam pencarian Tim SAR dari Pos SAR Kutacane.

"Semula laporannya ada 15 orang hilang, tapi hingga saat ini yang belum ditemukan 6 orang. Kerusakan keseluruhan belum dapat dihitung, karena sulitnya akses menuju lokasi karena medan berat dan berada di pegunungan," katanya.

Untuk Desa Naga Timbul Liang Pangi berjarak hampir 70 km dari Kota Kutacane. Kawasan yang dihantam banjir bandang ini hanya dapat dicapai dengan kendaraan gardan dua.

Hingga saat ini Bupati Aceh Tenggara, H Hasanuddin B, BPBD Aceh Tenggara, dan Kapolres masih menuju ke lokasi.

Masyarakat dan Pemda perlu mewaspadai cuaca setempat. Siklon Tropis KAITAK masih berpengaruh dan memberikan dampak terhadap kondisi cuaca di Indonesia berupa : Hujan dengan intensitas ringan - sedang dapat terjadi di Banda Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat bagian Utara, Maluku Utara dan Papua bagian Barat.

Gelombang dengan tinggi 2-3 meter berpeluang terjadi di Perairan Utara NAD, Laut Natuna, Selat Karimata, Perairan P. Belitung, Laut Jawa dan Laut Arafuru.

Gelombang dengan tinggi 3-4 meter berpeluang terjadi di Laut Banda bagian Barat dan Laut Cina Selatan timur Vietnam.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
843311 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas