• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribunnews.com

Pemberian Remisi Koruptor Perlu Pertimbangkan Sisi Keadilan

Minggu, 19 Agustus 2012 15:21 WIB
Pemberian Remisi Koruptor Perlu Pertimbangkan Sisi Keadilan
TRIBUN BALIKPAPAN/FACHMI RACHMAN
Seorang warga binaan menggendong dan mencium anak mereka saat keluar dari Rutan Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (17/8/2012). Lebih dari 600 orang warga binaan yang terdiri dari 179 warga rutan dan 421 lapas Balikpapan mendapatkan remisi umum dalam rangka HUT ke-67 Kemerdekaan RI. Tujuh orang di antaranya langsung bebas usai mendapat remisi. (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pimpinan KPK Zulkarnain mengkritisi pemberian remisi terhadap terpidana koruptor yang diberikan dalam rangka HUT ke-67 RI. Menurutnya, jangan hanya mempertimbangkan dari pertimbangan formal saja.

"Prinsip keadilan harus dipertimbangkan, tidak hanya prinsip formal-legal," kata Zulkarnain di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Minggu (19/8/2012).

Zulkarnain mengatakan, banyak suara negatif yang berkembang di masyarakat ketika sebanyak 551 terpidana korupsi mendapat pengurangan sebagian masa hukuman. Apalagi, 32 lainnya dapat langsung bebas.

Menurutnya, dengan pemberian remisi tersebut justru terlihat berlebihan. Namun tetap pemberian remisi itu tidak bisa dipersalahkan seluruhnya lantaran telah diatur dalam PP nomor 28 tahun 2006 bahwa remisi adalah hak narapidana, termasuk narapidana korupsi.

"Mereka melaksanakan peraturan yang berlaku sekarang. Kalau tidak diberikan, sedangkan itu hak orang, berarti haknya dirampas, sesuai peraturan," kata Zulkarnain.

Lebih lanjut, Zulkarnain menilai bahwa PP 28 tahun 2006 perlu ditinjau lebih jauh. Menurutnya, bukan dihilangkan PP nya tetapi perlu dievaluasi agar memenuhi rasa keadilan.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin juga mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan revisi terhadap PP Nomor 28 tahun 2006 tentang hak warga binaan. Pihaknya berencana memperketat lagi pemberian terhadap terpidana korupsi.

Baca Juga:

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
846081 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Delta-Minggu, 19 Agustus 2012 Laporkan
    Sisi keadilan? Yg benar aja yg adil koruptor di hukum mati bkn d beri remisi...
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas