• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

Yusuf Kenal Haris Pelaku Terorisme Pelatihan Militer Aceh

Jumat, 14 September 2012 14:22 WIB
Yusuf Kenal Haris Pelaku Terorisme Pelatihan Militer Aceh
Tribun Medan /DEDY SINUHAJI
Terduga teroris M.Yusuf Rizaldi alias Rizaldi saat hendak diberangkatkan ke Jakarta dari Mapolda Sumut, Kamis,(13/9/2012).Sebelumnya, M Yusuf bin Hasan alias Rizaldi Yusuf buron kasus bom Depok, menyerahkan diri ke Polres Langkat. (TRIBUN MEDAN/DEDY SINUHAJI)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Muhammad Yusuf alias Yusuf Rizaldi alias Abu Toto ternyata mempunyai keterkaitan dengan orang-orang yang telah ditangkap Densus 88 Antiteror Polri sebelumnya pada tahun 2010.

Yusuf diketahui pernah ikut bersama Haris seorang pelaku teror yang melakukan pelatihan militer di Aceh pada tahun 2004.

"Yusuf ini pernah bersama-sama sodara Haris pimpinan JAT Jakarta lalu. Ia keluar dari Jakarta tahun 2004 dan sebagai relawan di Tsunami Aceh. Haris tertangkap 2010 terkait pelatihan teror di Aceh," ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (14/9/2012).

Dalam rangkaian kegiatan perencanaan aksi teror ini, Yusuf merupakan pengontrak tempat ledakan di Jalan Nusantara Raya, Beji, Depok yang disewanya dari Lukman.

Yusuf merupakan orang yang mempunyai peranan besar dalam penyediaan tempat yang dijadikan Yayasan Yatim Piatu Pondok Bidara. "Peranan Yusuf, dia pengontrak, penyedia tempat, kemudian yang sudah memiliki usaha yang keterkaitan dengan jasa bekam. Yang jelas yang dominan adalah penyedia tempat," ungkapnya.

Polisi masih mendalami keterkaitan Yusuf dengan pemilik rumah kontrakan bernama Lukman. "Akan kami dalami, karena infonya belum bayar. Apa gratis, sewa menyewa, akan didalami lagi," ujar Boy.

Sebuah ledakan terjadi di Beji, Depok, Jawa Barat, Sabtu (8/9/2012) malam sekitar pukul 21.00 WIB. Belakangan diketahui bahwa ledakan bom tersebut terkait dengan penemuan bom di Jalan Terate VII, Tambora Jakarta Barat Rabu (5/9/2012). Muhammad Thoriq pemilik bom ternyata terlibat dalam ledakan bom di Depok. Hal tersebut terungkap setelah Thoriq menyerahkan diri ke Pos Polisi Tambora, Minggu (9/9/2012).

Kemudian Thoriq pun menunjukan gudang perakitan bom di Bojong Gede, Bogor, Senin (10/9/2012) dari penelusuran tersebut ditangkaplah Arif yang berperan sebagai pencari rumah kontrakan untuk sang perakit bom Anwar alias Wahyu Ristanto yang kini sudah meninggal dunia akibat luka bakar hebat saat ledakan bom di Beji, Depok.

Kemudian Rabu (12/9/2012) Muhammad Yusuf alias Yusuf Rizaldi alias Abu Toto menyerahkan diri ke Polres Langkat dan saat ini sudah berada bersama Densus 88 Anti Teror Polri di Jakarta. Yusuf diduga mengetahui tentang rencana teror yang disiapkan Thoriq Cs. Ia merupakan orang yang menyewa tempat di Beji yang dijadikan tempat pengobatan tradisional Yayasan Yatim Piatu Pondok Bidara.

Klik:

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Johnson Simanjuntak
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas