• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 17 April 2014
Tribunnews.com

Marzuki Alie: Kembalikan Pilkada ke DPRD

Kamis, 20 September 2012 07:09 WIB
Marzuki Alie: Kembalikan Pilkada ke DPRD
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (kiri) berbincang bersama Ketua DPR RI, Marzuki Alie (kanan), dalam acara Pendeklarasian Kampanye Damai Pilkada DKI Jakarta, di Monas, Jakarta, Kamis (13/9/2012). Putaran kedua Pilkada DKI Jakarta akan dilaksanakan pada 20 September mendatang, dengen peserta pasangan Foke-Nara dan Jokowi-Ahok. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Ketua DPR RI Marzuki Alie setuju dengan wacana Pilkada tidak langsung. Menurut Marzuki, lebih tepat Pilkada sesuai dengan keputusan DPRD.

"Pilkada kembalikan ke DPRD, demokrasi kita yang sesuai amanat konstutisi bukan seperti ini," kata Marzuki di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (19/9/2012).

Marzuki tidak memungkiri bahwa praktik politik uang dalam proses pilkada tak langsung masih terjadi. "Tapi lebih kecil," ujarnya.

Sementara itu, mengenai wacana hukuman mati bagi koruptor, Marzuki sangat mendukungnya. "Hukuman mati kita dukung, karena korupsi sudah jadi virus," tuturnya.

Sebelumnya, Musyawarah Nasional Alim Ulama Nahdlatul Ulama merekomendasikan pemilihan kepala daerah, baik gubernur maupun bupati/wali kota, dilaksanakan secara tidak langsung atau melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Rekomendasi tersebut merupakan hasil pembahasan komisi maudluiyah yang dipimpin oleh KH Hartami Hasni di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, Jawa Barat.

"NU berpendapat pilkada langsung harus ditinjau ulang, kembali ke pilkada tidak langsung oleh DPRD," kata Katib Aam PBNU KH Malik Madaniy saat menjelaskan hasil rapat komisi kepada wartawan.

Alasannya, selain pilkada langsung tidak sesuai dengan Pancasila, kerugian yang ditimbulkan jauh lebih besar dibandingkan kemaslahatan yang diperoleh.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Gusti Sawabi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
950082 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas