Mari Semua Warga Pakai Baju Batik Hari Ini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu mengimbau agar masyarakat di seluruh tanah air

Mari Semua Warga Pakai Baju Batik Hari Ini
Tribun Jogya
Model memamerkan baju batik Yogya di ujung selatan Jalan Maliboro, Minggu (2/10/2011).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu mengimbau agar masyarakat di seluruh tanah air turut memperingati hari batik nasional yang jatuh hari ini

Mari mengimbau masyarakat memperingatinya  dengan memakai busana batik.

"Selasa tanggal 2 Oktober adalah hari batik nasional. Jangan lupa menggunakan batik," pesan mantan Menteri Perdagangan ini dalam konferensi pers, di Kantornya, Jakarta, Senin (1/10/2012) malam.

Ia mengatakan kebiasaan mengenakan batik merupakan salah satu upaya mempertahankan eksistensi batik di tanah air, sebagai warisan budaya dunia.

Untuk diketahui, peringatan hari Batik Nasional tahun 2012 ini memasuki tahun ketiga, terhitung sejak pemerintah menetapkannya pada 2 Oktober 2009. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 17 November 2009 menerbitkan Keputusan Presiden No 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik nasional.

Bila dikutip dari laman Seskab, tertulis Penerbitan Kepres No 33 Tahun 2009 tersebut sebagai usaha pemerintah  meningkatkan citra positif dan martabat bangsa Indonesia di forum internasional, serta untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia.

Peringatan Hari Batik Nasional ini dengan memakai batik bukan hanya ditujukan kepada masyarakat umum. Melalui Surat Edaran Kabinet RI Nomor SE-541/Seskab/IX/2012 tanggal 28 September 2012, seluruh Pimpinan dan Karyawan Kementerian dan Lemabaga dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Batik Nasional dihimbau dapat memakai baju batik sebagai pakaian kerja.

Hal ini selaras dengan arahan Presiden tentang Pemakaian Batik dengan adanya pengakuan UNESCO terhadap batik sebagai warisan budaya takbenda warisan manusia Indonesia.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved