• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 20 April 2014
Tribunnews.com

Peterjun Payung TNI Nyangkut di Pohon

Jumat, 5 Oktober 2012 13:51 WIB
Peterjun Payung TNI Nyangkut di Pohon
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Anggota TNI melakukan penerjunan dari pesawat Hercules di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, saat gladi HUT ke-67 TNI, Rabu (3/10/2012).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Insiden atraksi terjun payung anggota TNI saat memperingati HUT ke-67 TNI kembali terjadi.

Sebanyak tujuh anggota TNI mendarat tidak mulus saat terjun menggunakan pesawat Hercules dari ketinggian 8.000 kaki, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2012).

Tujuh penerjun statis nyasar ke sejumlah tempat. Beruntung, para penerjun selamat, walau ada yang menyemplung ke danau dan atap pohon.

Tujuh anggota dari Batalyon 725 TNI yang ikut dalam atraksi terjun payung, mendarat tidak tepat sasaran.

Mereka tercebur di sebuah danau. Dua anggota menyasar di Jalan Skuadron, dan dua lagi mendarat di halaman Mako POM TNI AU.

Lantas, ada pula tiga anggota yang tersangkut di sebuah pohon mahoni di dekat danau buatan, di kawasan Halim Perdanakusuma.

Sejumlah warga yang sejak awal menyaksikan atraksi terjun payung, langsung membantu anggota yang tidak berhasil mendarat mulus. Misalnya, warga membantu anggota TNI yang tercebur ke danau, dengan cara menarik parasut ke daratan. Anggota TNI tersebut langsung menepi dari danau yang dipenuhi lumpur dan sampah.

Menanggapi hal itu, Kepala Pusat Penerangan Umum Lanud Halim Perdanakusuma Mayor Sus Gerardus Maliti menuturkan, seluruh anggota TNI terjun dengan selamat, meski tujuh di antaranya tidak tepat sasaran.

Maliti menduga, mereka nyasar saat mendarat, karena saat itu udara terdorong oleh tiupan angin kencang.

"Kalau ada insiden kecil seperti mendarat di tempat lain, seperti di pohon, pinggir jalan, dan sebagainya, itu sih hal biasa. Yang penting mereka selamat semua," ucapnya kepada wartawan.

Anggota TNI yang mengikut atraksi terjun payung berjumlah 725 orang, dari TNI dan Polri. Sebanyak 625 anggota Linud Kostrad TNI AD melakukan terjun statik, dan diterbangkan dengan 10 pesawat Hercules di atas ketinggian 8.000 kaki.

Kemudian, 100 anggota TNI/Polri melakukan terjun free fall (terjun bebas), menggunakan satu pesawat Hercules dengan ketinggian 8.000 kaki. (*)

BACA JUGA

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Yaspen Martinus
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1001662 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas