Sabtu, 20 Desember 2014
Tribunnews.com

Novi Sudah Lihat Foto Bugilnya, Tapi Tak Tahu yang Memotret

Selasa, 16 Oktober 2012 17:54 WIB

Novi Sudah Lihat Foto Bugilnya, Tapi Tak Tahu yang Memotret
IST

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Novi Amelia (25), penabrak tujuh pengguna jalan di kawasan Tamansari Jakarta Barat, Kamis (11/10/2012) lalu, sudah melihat foto setengah bugil dirinya yang beredar luas saat ini.

"Saya sudah tunjukkan foto- foto tersebut, Ia sudah lihat namun Ia mengaku tidak sadar ketika ada yang mengambil foto itu," kuasa hukum Novi, Cris Sam Siwu kepada wartawan di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (16/10/2012) sore.

Chris juga menyatakan pihaknya akan meminta klarifikasi kepada pihak kepolisian terkait penyebaran foto tersebut.

"Ini sekarang saya mau ke Polsek mau nanya soal itu," jelasnya.

Lebih lanjut Chris mengungkapkan jika terbukti foto tersebut diambil oleh pihak tertentu dan disebarluaskan, pemilik rumah atau ruangan harus bertanggung jawab. Apalagi, jika pelaku penyebaran foto merupakan aparat kepolisian yang mengamankan Novi.

"Jika terbukti benar, bisa dibayangkan bagaimana perlakuan terhadap korban. Pihak yang seharusnya mengamankan justru mengeksploitasi. Kalau itu dilakukan pihak kepolisian berarti mereka tidak punya prosedur yang baik," ujar Chris.

Menurut Chris, benar atau tidaknya foto tersebut, penyebar sudah dapat dijerat pidana. Jika foto tersebut terbukti tidak asli, dapat dikategorikan sebagai tindak pindana pemalsuan. Sedangkan jika terbukti foto itu benar, penyebar dapat dijerat dengan Undang-undang Pornografi.

"Kalau itu dilakukan oknum itu dilaporkan akan kami bawa ke Komnas HAM dan Provost. Kalau soal pidana sudah jelas, karena ini juga menyangkut sisi kemanusiaannya yang dieksploitasi," lanjutnya.

Berita Terkait: Sopir Berbikini

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Willy Widianto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas