• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribunnews.com

Imigrasi Berhak Tolak Bila PIHK Tidak Terdaftar

Senin, 22 Oktober 2012 20:37 WIB
Imigrasi Berhak Tolak Bila PIHK Tidak Terdaftar
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, MEKKAH - Banyaknya penipuan dan penelantara jemaah haji oleh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang tidak terdaftar di Kementerian Agama, imigrasi Indonesia diminta menolak pemberangkatan para calon jemaah haji.

"Sesuai dengan UU no 13 tahun 2008 tentang Haji, penyelenggara haji adalah kementerian agama dan oleh karena itu jika ada PIHK yang tidak terdaftar dan menyelenggarakan haji maka itu ilegal," tegas Menteri Agama RI yang juga Amirul Haj, Suryadharma Ali.

Menurutnya, perjalanan keluar negeri untuk jalan-jalan atau urusan bisnis berbeda dengan perjalanan naik haji ke Tanah Suci. Sesuai Undang-Undang Nomor 13 tahun 2008, penyelenggaraan haji diatur oleh Kementerian Agama.

"Imigrasi berhak menolak bila PIHK itu tidak terdaftar,'' ujar Suryadharma saat meninjau pemondokan jamaah haji di Sektor X wilayah Bakhutmah, Minggu (21/10/2012).

Jamaah haji yang diberangkatkan oleh PIHK yang tidak resmi, ujar Menag,  biasanya menggunakan visa nonkuota. Masalahnya juga kerap muncul karena banyak PIHK yang menggunakan visa nonkuota ini. Terkadang, ada jamaah nonkuota yang bisa sampai Jeddah, tapi tak bisa masuk Makkah.

''Bahkan ada yang tak bisa pulang ke Tanah Air karena tak ada tiket, atau begitu sampai mereka ditelantarkan tanpa ada yang mengurus. Pada akhirnya karena mereka warga negara Indonesia juga menjadi tanggung jawab pemerintah untuk mengurus mereka,” tuturnya.

Suryadharma mengingatkan agar Muslim Indonesia tak memaksakan diri berangkat ke Tanah Suci, jika belum mendapatkan porsi. Akibat terlalu memaksakan diri, akhirnya banyak masyarakat yang tertipu oleh biro travel nakal.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh, Anggito Abimanyu mengatakan Kementerian Agama telah mempublikasikan lewat situs resmi kementerian agama dan call center haji 500425 beberapa biro perjalanan yang memiliki izin dari kementerian agama untuk menjadi PIHK. Diluar daftar itu adalah PIHK tidak resmi.

“Yang terdaftar resmi ada 244 PIHK. Diluar itu tidak terdaftar dan rawan penipuan,” katanya.

Klik:

Penulis: Johnson Simanjuntak
0 KOMENTAR
1058382 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas