• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

SBY Kurban Sapi Ongole Seberat 1,07 Ton

Kamis, 25 Oktober 2012 22:47 WIB
SBY Kurban Sapi Ongole Seberat 1,07 Ton
TRIBUN JAKARTA/BAHRI KURNIAWAN
Sapi kurban Presiden SBY yang berbobot 1,07 ton.

TRIBUNNEWS.COM , JAKARTA-- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menyerahkan satu ekor sapi kurban seberat 1,07 ton dan tinggi 168 centimeter.

Juru bicara Kepresidenan Julian A Pasha mengungkapkan sapi kurban SBY tersebut merupakan sapi peranakan Ongole (Sapi PO).

"Bapak Presiden pada Jumat (26/10/2012) besok akan menyerahkan korban satu ekor sapi warna putih peranakan Ongole," ungkap Julian melalui pesan singkatnya, Kamis (25/10/2012).

Sapi kurban Presiden SBY telah mendapat sertifikat sehat dari Balai Kesehatan Hewan Dinas K&P Pemprov DKI  Jakarta pada 23 Oktober 2012 lalu.

Rencanannya, setelah sholat Idul Adha, Sapi yang di pasaran juga sering disebut sebagai Sapi Lokal atau Sapi Jawa atau Sapi Putih itu akan diserahkan oleh Presiden kepada Ketua Panitia Kurban Mesjid Istiqlal, Jakarta.

Dikutip dari laman Kementerian Pertanian, diketahui bahwa Sapi PO (singkatan dari Peranakan Ongole), merupakan hasil persilangan antara pejantan sapi Sumba Ongole (SO) dengan sapi betina Jawa yang berwarna putih. Sapi Ongole (Bos Indicus) sebenarnya berasal dari India, termasuk tipe sapi pekerja dan pedaging yang disebarkan di Indonesia sebagai sapi Sumba Ongole (SO).

Warna bulu sapi Ongole sendiri adalah putih abu-abu dengan warna hitam di sekeliling mata, mempunyai gumba dan gelambir yang besar menggelantung, saat mencapai umur dewasa yang jantan mempunyai berat badan kurang dari 600 kg dan yang betina kurang dari 450 kg.

Bobot hidup Sapi Peranakan Ongole (PO) bervariasi mulai 220 kg hingga mencapai sekitar 600 kg.

Saat ini Sapi PO yang murni mulai sulit ditemukan, karena telah banyak disilangkan dengan sapi Brahman. Oleh karena itu sapi PO sering diartikan sebagai sapi lokal berwarna putih (keabu-abuan), berkelasa dan gelambir.

Sesuai dengan induk persilangannya, maka Sapi PO terkenal sebagai sapi pedaging dan sapi pekerja, mempunyai kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap perbedaan kondisi lingkungan, memiliki tenaga yang kuat dan aktivitas reproduksi induknya cepat kembali normal setelah beranak, jantannya memiliki kualitas semen yang baik.

Keunggulan sapi PO ini antara lain : Tahan terhadap panas, tahan terhadap ekto dan endoparasit; Pertumbuhan relatif cepat walau pun adaptasi terhadap pakan kurang; Prosentase karkas dan kualitas daging baik.
---------------------------------------------------------

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Yulis Sulistyawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1070681 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas