Selasa, 21 April 2015
Tribunnews.com

SBY Kurban Sapi Ongole Seberat 1,07 Ton

Kamis, 25 Oktober 2012 22:47 WIB

SBY Kurban Sapi Ongole Seberat 1,07 Ton
TRIBUN JAKARTA/BAHRI KURNIAWAN
Sapi kurban Presiden SBY yang berbobot 1,07 ton.

TRIBUNNEWS.COM , JAKARTA-- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menyerahkan satu ekor sapi kurban seberat 1,07 ton dan tinggi 168 centimeter.

Juru bicara Kepresidenan Julian A Pasha mengungkapkan sapi kurban SBY tersebut merupakan sapi peranakan Ongole (Sapi PO).

"Bapak Presiden pada Jumat (26/10/2012) besok akan menyerahkan korban satu ekor sapi warna putih peranakan Ongole," ungkap Julian melalui pesan singkatnya, Kamis (25/10/2012).

Sapi kurban Presiden SBY telah mendapat sertifikat sehat dari Balai Kesehatan Hewan Dinas K&P Pemprov DKI  Jakarta pada 23 Oktober 2012 lalu.

Rencanannya, setelah sholat Idul Adha, Sapi yang di pasaran juga sering disebut sebagai Sapi Lokal atau Sapi Jawa atau Sapi Putih itu akan diserahkan oleh Presiden kepada Ketua Panitia Kurban Mesjid Istiqlal, Jakarta.

Dikutip dari laman Kementerian Pertanian, diketahui bahwa Sapi PO (singkatan dari Peranakan Ongole), merupakan hasil persilangan antara pejantan sapi Sumba Ongole (SO) dengan sapi betina Jawa yang berwarna putih. Sapi Ongole (Bos Indicus) sebenarnya berasal dari India, termasuk tipe sapi pekerja dan pedaging yang disebarkan di Indonesia sebagai sapi Sumba Ongole (SO).

Warna bulu sapi Ongole sendiri adalah putih abu-abu dengan warna hitam di sekeliling mata, mempunyai gumba dan gelambir yang besar menggelantung, saat mencapai umur dewasa yang jantan mempunyai berat badan kurang dari 600 kg dan yang betina kurang dari 450 kg.

Halaman12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Yulis Sulistyawan
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas