Kamis, 27 November 2014
Tribunnews.com

Penerima Zakat Dibolehkan Jual Daging Kurban

Sabtu, 27 Oktober 2012 14:38 WIB

Penerima Zakat Dibolehkan Jual Daging Kurban
Info Ternak
Daging kambing

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aksi menjual daging kurban marak ditemukan pada pemberian daging kurban pada hari ini, Sabtu (27/10/2012) yang dilaksanakan di Mesjid Istiqlal.

Panitia Kurban Mesjid Istiqlal menilai, hal tersebut tidak bermasalah karena keputusan akhir adalah ditangan penerima Zakat.

Abdullah Effendi, Wakil Ketua Amaliyah Kurban Mesjid Istiqlal, mengatakan, jika orang tersebut sangat miskin maka  pilihan untuk menjual atau hal lainnya berada di tangan penerima kurban.

"Jual daging itu pilihan anda mau jual daging kemana kek, kalo orang itu nggak bisa masak mau gimana coba," katanya di kantornya, jakarta (27/10/2012)

Ia juga mengatakan bahwa panitia kurban di mesjid Istiqlal tidak memiliki kemampuan untuk mencegah aksi pengambilan daging kurban yang dilakukan untuk sekadar mencari daging kurban tambahan.

Sebab, panitia hanya memberikan prosedur pengisian di tempat lokasi saja sedangkan masalah kupon sudah diatur dengan mekanisme pendaftaran sehingga tidak menjadi masalah pribadi sang penerima kurban. "Kalau orang mampu kan nggak bakal antre sampai dua kali," katanya.

Sebagai informasi, di depan Mesjid Istiqlal ada penjualan daging berkantung plastik. Salah satu penjual sebut saja Ahmad, mengaku menjual daging kambing dengan harga 30 ribu per Kg. "Ini untuk tambahan saja mas, soalnya sudah banyak daging di rumah," katanya. 

Harga daging ini lebih murah ketimbang daging kambing di pasaran seharga 60.000 per Kg. Ia mengaku menjual ini untuk kebutuhan sebab memasak daging membutuhkan bumbu dan proses yang lama.

Sedangkan biaya yang dipunyainya sangatlah sedikit."Mau beli minyak saja susah jadi ngapain saya masak daging," katanya.

Klik:

Penulis: arif wicaksono
Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Tribun Jakarta

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas