• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 April 2014
Tribunnews.com

SBY: Saya Membawa Rombongan Lengkap ke Inggris

Selasa, 30 Oktober 2012 08:03 WIB
SBY: Saya Membawa Rombongan Lengkap ke Inggris
Tribunnews.com/Bian Harnansa
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

TRIBUNNNEWS.COM,JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono bertolak menuju London, Inggris, Selasa (30/10/2012), pagi, untuk lawatan kunjungan kenegaraan selama 3,5 hari.

Presiden dan rombongan menggunakan pesawat khusus Kepresidenan Airbus 330-300 milik Garuda yang lepas landas dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Dalam keterangan pers sebelum naik ke pesawat, Presiden menegaskan kunjungan kenegaraan ke Inggris ini untuk memenuhi undangan Ratu Elizabeth II.

"Sebagaimana diketahui bersama Inggris sebenarnya tahun ini memiliki agenda internasional dan nasional yang padat seperti Olympic dan Peringatan Tahta Ratu Elizabeth II namun kita mendapatkan kehormatan untuk kunjungan kenegaraan," kata SBY.

Oleh karena itu, Presiden menegaskan dia membawa delegasi yang kuat dan lengkap mengingat pentingnya kunjungan kali ini.

Ikut dalam rombongan Presiden antara lain, Menlu Marty Natalegawa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Menperin MS Hidayat, Menteri ESDM Jero Wacik, Menteri Patiwisata dan Ekonomi Kreatif Mari E Pangestu, dan Ketua Komite Ekonomi Nasional Chairul Tanjung. Ada pula Ketua DPR RI Marzuki Alie dan Ketua DPD RI Irman Gusman.

Karena menjadi tamu Ratu Elizabeth II maka Presiden SBY dan Ibu Ani akan menginap di Istana Buckingham. Selain bertemu Ratu Eliazabeth II dan Pangeran Philip atau Duke of Edinburgh, SBY juga dijadwalkan bertemu Prince of Wales Pangeran Charles, putera mahkota Kerajaan Inggris.

Direncanakan, Presiden SBY dan Ibu Ani menuju Istana Buckingham dari Hotel Grosvenor House dengan dijemput Duke of York, Pangeran Andrew.

Selain itu, Presiden juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Inggris David Cameron. Kedua kepala pemerintahan pernah bertemu di Jakarta pada April lalu.

Presiden juga diagendakan melakukan pembicaraan dengan Ketua Partai Liberal Demokrat Nick Clegg dan pemimpin oposisi Ed Miliband.

Kepala Negara juga akan menghadiri pertemuan High Level Panel (HLP) on the Post-2015 Development Agenda. SBY, bersama Cameron dan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf, merupakan ketua bersama (co-chairs) HLP ini. Pertemuan HLP ini merupakan kedua setelah di New York, September kemarin, di sela-sela Sidang ke-67 Majelis Umum PBB.

Pada 3 Oktober pagi waktu London, Presiden SBY dan Ibu Ani dijadwalkan meninggalkan Inggris untuk menuju Vientiane, ibukota Laos. Kunjungan kenegaraan ini memenuhi undangan Presiden Laos Choummaly Sayasone dan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ke-9 Asia-Europe Meeting (ASEM).

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Rachmat Hidayat
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1082821 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas