• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribunnews.com

Puti Guntur Soekarno: Wajah Papa Lebih Bersinar

Minggu, 18 November 2012 05:00 WIB
Puti Guntur Soekarno: Wajah Papa Lebih Bersinar
ist
Puti Guntur Soekarno

Baca juga: Tribun Jakarta Digital

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Di usianya yang ke 68 tahun, Guntur Soekarnoputra masih bugar. Lebih-lebih, ekspresi wajahnya begitu sumringah saat peluncuran buku yang berisi catatan hidup bersama ayahandanya.

Apa yang ditunjukkan Guntur cukup menarik perhatian Puti Guntur Soekarno. Dia terkesima dengan ekspresi wajah ayahnya yang terlihat berseri-seri saat peluncuran buku 'Bung Karno, Bapakku, Kawanku, Guruku.

Sejak kecil, sambung Puti, ayahnya jarang memperlihatkan wajah sumringah. "Saya cerita sedikit, papaku ini sekarang sedikit terlihat lebih bersinar. Dari kecil saya dibesarkan banyak fase yang saya lalui. Tapi kok ya ketika saya coba minta izin berkecimpung di dunia politik wajah papa lebih bersinar," tuturnya.

Puti kembali menambahkan betapa sulitnya membujuk sang ayah menerbitkan buku tersebut. Dia paham putra sulung Sang Fajar itu pernah punya pengalaman buruk saat ingin mempublikasikan buku tersebut di tahun 1977.

Kala itu, pemerintahan Orde Baru mempersulit niat Guntur untuk menerbitkan buku yang berisi kisah-kisah humanis seorang Soekarno. Maklum, pada masa itu, segala yang berbau Soekarno sangat sensitif untuk diangkat.

Tapi Puti pantang menyerah. Berkali-kali dia membujuk ayahnya. Lantas, Guntur menuruti kemauan putrinya. Dia mengamini alasan Puti yang menyebut buku tersebut harus diterbitkan agar generasi muda tidak hanya mengenal Soekarno sebagai politisi.

"Jangan hanya melihat Soekarno sebagai politis. Tapi yang humanis. Hubungan kedekatan antara Bung Karno dan anaknya," ujarnya.

Di samping itu, sambung politisi PDIP tersebut, kini ayahnya rajin memberikan masukan-masukan politik kepadanya setelah berkecimpung di dunia politik praktis. "Begitu melihat putrinya sibuk, papa jadi ikut bersemangat. Ini lah yang saya harapkan," ujarnya. ERI KOMAR SINAGA

Editor: Rachmat Hidayat
Sumber: Tribun Jakarta
0 KOMENTAR
1140151 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas