Prabowo Tokoh Jawa Paling Kuat dalam Survei Capres 2014

Senin, 19 November 2012 16:51 WIB

Prabowo Tokoh Jawa Paling Kuat dalam Survei Capres 2014
TRIBUNNEWS.COM/FERDINAND WASKITA
Prabowo Subianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ini peringatan bagi partai politik (parpol) yang akan bertarung dalam pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2014.

Survei Indonesia Network Election Survey (INES) menyatakan, isu primordialisme dalam keterpilihan seorang calon presiden masih kuat.

Keinginan pemilih untuk memilih presiden harus dari etnis Jawa, masih menjadi pilihan utama. Sebesar 59,3 persen menginginkan ini.

"Prabowo menjadi tokoh etnis Jawa yang kuat secara elektoral, dengan perolehan 33,4 persen, dari 21 nama tokoh yang ditampilkan (saat survei)," ujar Dr Sudrajat Sacaawitra, Direktur Data INES, saat memaparkan hasil surveinya, di Galery Cafe, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (19/11/2012).

Peringkat kedua, lanjutnya, diraih Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, dengan raihan 22,2 persen.

Tokoh etnis Jawa lain di peringkat berikutnya adalah Ani Yudhoyono (7,1 persen), Djoko Suyanto (9,3 persen), dan Pramono Edhie Wibowo (8,8 persen).

"Belum ada tokoh etnis non Jawa yang kuat secara elektoral, ketika sejumlah nama disebut. Dengan simulasi semi terbuka, hanya nama Prabowo yang mendekati 20 persen," jelas Sudrajat.

Halaman
12
Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribun Jakarta
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help