• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 17 September 2014
Tribunnews.com

The Habibie Centre Gelar Penganugerahan Habibie Award

Rabu, 28 November 2012 10:18 WIB
The Habibie Centre Gelar Penganugerahan Habibie Award
Tribunnews.com/Alie Usman
Ilustrasi Karikatur Korupsi dipamerkan di The Habibie Center, Jakarta, Senin (24/5/2010)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) yang ke-13 The Habibie Centre akan gelar dua kegiatan besar.

Kegiatan tersebut adalag peluncuran buku 'Democracy Take-off?: The BJ Habibie Period' dan penganugerahan Habibie Award 2012, di Hotel Atlet Century Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Buku tersebut merupakan terbitan Sinar Harapan dan kumpulan tulisan dari sejumlah intelektual dalam dan luar negeri mengenai kepemimpinan Habibie sebagai presiden di awal era reformasi.

Di bawah kepemimpinan Habibie, Indonesia memilih demokrasi sebagai jalan hidup berbangsa dan bernegara. Habibie sebagai pembuka sejarah perjalanan bangsa Indonesia pada era reformasi dengan melakukan perubahan mendasar bagi penegakan demokrasi dan keterbukaan politik.

Buku tersebut akan dibedah langsung oleh berbagai narasumber. Diantaranya Prof. Dr. Bridget Welsh (associate professor Singapore Management University), Dato' Seri Anwar Ibrahim (mantan wakil perdana menteri Malaysia), Umar Juoro (Dewan Pakar The Habibie Centrey).

Kemudian, J. Kristiadi (Peneliti Senior CSIS), Felia Salim (wakil direktur utama BNI). Sementara moderator adalah Prof. Dr. Dewi Fortuna Anwar (Ketua Institute for Democracy and human rights The Habibie Centre).

Selain peluncuran buku tersebut, The Habibie Centre ikut serta menyelenggarakan program utama yayasan sumber daya manusia dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (SDM-IPTEK) dengan menggelar penganugerahan Habibie Award.

Penghargaan ini diberikan kepada perorangan atau badan yang dinilai sangat aktif dan berjasa besar dalam menemukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan berbagai kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi baru yang bermanfaat secara berarti bagi peningkatan kesejahteraan, keadilan, dan perdamaian.

Dua orang telah dipilih untuk menerima Habibie Award. Mereka adalah Prof. Drs. Effendy, M.Pd, Ph.D (guru besar FMIPA Universitas Negeri Malang) untuk bidang ilmu pengetahuan dasar dan Prof. DR. Dr. Teguh Santoso Sukamto, SpPd (Guru besar FKUI) untuk bidang ilmu kedokteran.

Selain meraih medali dan piagam, peraih Habibie award berhak atas uang tunai US$ 25.000.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Rachmat Hidayat
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1170812 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas