• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 Juli 2014
Tribunnews.com

Makna Nama Cucu Kedua Presiden SBY

Senin, 24 Desember 2012 16:09 WIB
Makna Nama Cucu Kedua Presiden SBY
TRIBUNNEWS.COM/ADI SUHENDI
Cucu kedua Presiden SBY Airlangga Satriadhi Yudhoyono

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Cucu kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) buah pernikahan Edhi Baskoro Yudhoyono dan Aliya Rajasa akhirnya diberi nama Airlangga Satriadhi Yudhoyono.

Nama tersebut terdiri dari empat kata 'Airlangga-Satria-Adhi-Yudhoyono'. Dalam jumpa persnya, Ibas panggilan akrab Edhi Baskoro menjelaskan makna nama untuk anaknya tersebut.

Kata Airlangga diambilnnya dari nama seorang tokoh dimasa lampau. Tokoh tersebut merupakan pendiri kerajaan Kahuripan.

"Airlangga ini kami ambil dari nama tokoh dimasa lampau, seorang pemimpin yang berjaya di masanya, yang memiliki karakter yang baik, yang memiliki semangat juang yang tinggi," kata Ibas di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (24/12/2012).

Kemudian Satriadhi terdiri dari dua kata yaitu Satria dan Adhi. Satria berati orang yang baik hati, jujur dan gagah berani. Sementara Adhi artinya indah.

"Kami menginginkan Airlangga akan menjadi ksatria yang baik hati, akan menjadi ksatria yang tangguh, akan menjadi ksatria yang bisa berjuang di jalan yang benar, jalan yang diridhoi yang maha kuasa, jalan yang bersih," ungkapnya.

Sementara Yudhoyono diambil dari nama ayahnya yang memiliki arti memerangi, memenangi, atau menghadapi tantangan dan cobaan.

"Seperti kita ketahui tantangan dan cobaan ke depan akan semakin luas semakin besar, semakin meningkat, kami inginkan pada putra kami kelak bisa menghadapi seluruh tantangan, cobaan, dengan baik, dan bisa memberikan solusi dan juga bisa memberikan manfaat pada seluruh masyarakat," ungkapnya.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Anwar Sadat Guna
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas