• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 18 April 2014
Tribunnews.com

Kronologi Penemuan Bom di Pos Pengamanan Poso

Selasa, 25 Desember 2012 14:43 WIB
Kronologi Penemuan Bom di Pos Pengamanan Poso
kompas.com
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Pagi-pagi anggota satuan Lalu Lintas Polres Poso Briptu Fahrul datang ke Pos Terpadu Pengamanan yang terletak di depan Pasar Sentral Poso, Selasa (24/12/2012).

Saat ia memasuki pos yang memang terbuka untuk umum tersebut ia menemukan sebuah tas ransel yang berada di bawah kursi tempat biasanya orang berjaga sekitar pukul 06.15 WITA. Ia pun tidak langsung mengamankannya, ia kemudian menanyakan kepada rekan-rekannya siapa pemilik tas tersebut.

Setelah berkomunikasi dengan rekannya, tidak ada satu pun yang mengaku pemilik tas tersebut. Sampai akhirnya ia pun melaporkan penemuan tersebut ke Polres yang kemudian dihubungkan ke Polda Sulawesi Tengah sampai akhirnya turun lah anggota brimob Polda Sulteng untuk mengecek barang tersebut.

"Pos tersebut memang biasa dijadikan tempat berjaga dari pukul 06.00 WITA sampai menjelang pagi," ucap Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Terang Agus memang dengan keadaan Poso saat ini, petugas kepolisian di lapangan harus lebih teliti dengan selalu melakukan pemeriksaan terhadap tempatnya bertugas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kemudian sekitar pukul 07.00 WITA tim Jihandak pun datang untuk mengamankan tas mencurigakan tersebut dan dijinakan. Dalam tas tersebut ditemukan dua buah detonator, urea, timer yang menunjukan pukul 07.30 WITA dan materian paku yang disimpan dalam jerigen berukuran lima liter.

"Dalam tas ransel tersebut ada benda-benda atau bahan-bahan yang diduga bahan peledak, ada detonator, ada timer, ada benda-benda material lain seperti paku, dan urea, diduga itu bahan peledak," ungkap Agus.

Saat ini, keadaan di Poso dalam keadaan aman dan kondusif dan pelaku peletakan bahan peledak tersebut belum diketahui. Sementara material bahan peledak yang sudah diurai dibawa ke Markas Brimob Polda Sulteng. "Tidak ada korban dalam kejadian ini," ujarnya.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Rachmat Hidayat
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1252701 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas