• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 19 April 2014
Tribunnews.com

Dua Hakim Agung Kandidat Kuat Calon Wakil Ketua MA

Selasa, 12 Februari 2013 15:27 WIB
Dua Hakim Agung Kandidat Kuat Calon Wakil Ketua MA
Istimewa
Gedung Mahkamah Agung

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Persaingan menuju posisi wakil ketua Mahkamah Agung sepeninggalan Abdul Kadir Mappong yang pensiun, diprediksi makin ketat. Ada tiga nama yang disebut-sebut layak mengisi posisi itu yakni Mohammad Saleh (Ketua Muda Perdata Khusus), Artidjo Alkosar (Ketua Muda Pidana Umum), dan Suwardi (Ketua Muda Perdata).

Mahkamah Agung (MA) akan menggelar sidang pemilihan wakil ketua MA pada Rabu (13/2/2013).  Kabiro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur yang dikonfirmasi wartawan membenarkan mencuatnya nama-nama tersebut.

Dalam penjelasannya, Ridwan Mansyur mengatakan, sidang pemilihan wakil ketua bidang yudisial ini akan diikuti seluruh hakim agung aktif. Pemilihan dilakukan secara terbuka dengan mekanisme pengambilan suara terbanyak atau voting.

Diprediksi persaingan ketat hanya merujuk pada dua nama hakim agung, yaitu Mohammad Saleh dan Artidjo Alkosar. Hakim Agung Suwardi pernah disorot terkait keputusannya memvonis ringan pelaku kejahatan narkoba, bersama majelis hakim lainnya, Timur Manurung dan Imran Anwari, terhadap putusan hukuman mati Hillary K Chimezie menjadi hukuman penjara 12 tahun.

Berbagai kalangan berharap MA sebagai palang pintu terakhir dalam menetapkan hukuman bagi penjahat narkoba, memberikan putusan lebih berat terhadap penjahat dan gembong narkoba.

Pegiat masalah hukum, Hendardi misalnya, meminta agar hakim agung yang terbukti melakukan tindakan tercela dengan menjual jabatannya demi putusan yang ringan harus diambil tindakan yang tegas.

"Hakim-hakim seperti itu harus dipecat kalau terbukti bermain mata dengan para bandar atau pengedar narkoba," tegas Hendardi, yang juga Ketua Setara Institute, LSM yang bergerak dibidang penegakan HAM.

Penulis: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1433271 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas