• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Tribunnews.com

Dirut Pertamina Karen Agustiawan Dilaporkan ke KPK

Kamis, 14 Februari 2013 15:09 WIB
Dirut Pertamina Karen Agustiawan Dilaporkan ke KPK
net
Karen Agustiawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Petromine Watch Indonesia (PWI) serta Masyarakat Peduli Ketahanan Energi Nasional (MPKEN) melaporkan Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (14/2/2013).

PWI dan MPKEN menuding Karen terlibat dalam praktek mafia migas di Indonesia.

"Pertamina sebagai BUMN harusnya bisa di kelola dengan baik, tetapi nyatanya pertamina dijadikan ladang jarahan oleh hampir semua direksi," kata anggota PWI, Urai Zulhendri di kantor KPK, Jakarta.

Dia mengatakan, pada kasus ini sejumlah pihak baik para pejabat pertamina juga disinyalir ikut terlibat.

"Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya Yuktyanta bersama Muhammad Reza Chalid serta Chisna Damayanto harus segera diperiksa," ujarnya.

Menurut Zulhendri, sebagaimana roadmap perioritas penanganan perkara di KPK, lembaga superbodi itu harus mengedepankan penanganan dugaan korupsi yang langsung bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat.

"Abraham harus pula usut tuntas dugaan mark up Bisnis Tanker dan Penjualan Minyak Mentah, yang Diduga Melibatkan Herman Agustiawan, suami Karen Agustiawan," ujarnya.

Praktek korupsi tersebut, dituturkan dia salah satunya terletak pada impor migas. Di mana sambungnya, setiap harinya Karen dan pejabat lain mengambil marjin dengan kisaran 5-8 dolar Amerika per barel minyak.

"Maka bisa dilihat untung yang mereka dapatkan sekitar Rp3,8triliun yang dibagi-bagi kepada pengusaha dan hampir seluruh jajaran direksi pertamina," ujarnya.

Praktek korupsi lain, juga dapat dilihat dari tertutupnya pertamina dalam pengelolaan subsidi.

Ditambahkan dia, Karen cs juga diduga terlibat mark up senilai 900 miliar pertahun dalam memanipulasi penyewaan kapal tangker. "Kami memiliki data bahwa ada fee USD150ribu per cargo yang melibatkan keluarga Karen," imbuhnya.

Klik:

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
1442081 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Edi Guma Pirate-Minggu, 10 November 2013 Laporkan
    Dirut Pertamina saat inii Karen Agustina, Rupanya terkena Skandal. Ane liat di portal ini gan http://www.bijaks.net/scandal/index/1223-suap_kepala_skk_migas/ . lengkap banget kronologi kasus nya gan...
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas