Minggu, 21 Desember 2014
Tribunnews.com

Istri Achmad Fathanah Enggan Komentari Penyitaan 4 Mobilnya

Kamis, 7 Maret 2013 12:43 WIB

Istri Achmad Fathanah Enggan Komentari Penyitaan 4 Mobilnya
TRIBUN/DANY PERMANA
Septi Sanustika, istri tersangka Ahmad Fathanah, menjenguk suaminya di tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi, di Jakarta, Kamis (7/3/2013). Ahmad Fathanah bersama mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq dan beberapa tersangka lainnya ditahan KPK karena diduga terlibat dalam korupsi impor daging sapi. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Septi Sanustika, istri tersangka Ahmad Fathanah enggan berkomentar soal empat mobil yang diduga milik suaminya yang telah disita Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wanita yang tengah hamil ini justru berdalih tidak mengetahui soal empat mobil mewah yang diduga dari hasil tindak pidana korupsi. "Tanya bapak aja. Enggak tahu saja," kata Septi di kantor KPK, Jakarta, Kamis (7/3/2013).

Septi hadir di KPK untuk membesuk sang suami yang telah ditetapkan tersangka kasus suap pengurusan kuota impor daging sapi dan tindak pidana pencucian uang dan telah ditahan di rumah tahanan KPK sejak 31 Januari 2013 lalu.

Dia mengaku tak tahu soal kasus yang merundung suaminya itu.  "Enggak tahu. Duh lagi hamil, sorry ya," ujarnya agar wartawan berhenti menanyakan kasus suaminya.

KPK menetapkan Ahmad Fathanah sebagai tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) berdasarkan hasil perkembangan penyidikan kasus dugaan suap terkait impor daging sapi di Kementerian Pertanian.

"Penyidik KPK telah menemukan bukti-bukti yang mengarah pada dugaan TPPU yang diduga dilakukan oleh tersangka AF," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi, di kantornya, Jakarta, Rabu malam, (6/3/2013).

KPK sebelumnya telah menetapkan Ahmad Fathanah sebagai tersangka kasus suap pengurusan kuota impor daging sapi bersama tiga orang lainnya yakni, Luthfi Hasan Ishaaq, serta dua Direktur PT Indoguna Utama, Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi.

Atas perbuatannya, Ahmad Fathanah dijerat Pasal 3, Pasal 4, Pasal 5 Undang-undang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Selain ditetapkan sebagai tersangka TPPU, Johan mengatakan KPK juga telah menyita empat mobil mewah milik Ahmad Fathanah.

Keempat mobil yang disita penyidik KPK adalah mobil Toyota jenis FJ Cruiser warna hitam dengan nomor polisi B 1330 SZZ, mobil Toyota Alpard warna putih bernomor polisi B 53 FTI. Kemudian, mobil Toyota jenis Land Cruiser Prado TX warna hitam dengan nomor polisi B 1739 WFN, dan mobil Mercy C 200 warna hitam bernomor polisi B 8749 BS.

Kempat mobil itu ditaksir mencapai Rp 4,3 miliar. Tiga di antaranya selain mobil merek Mercy, dibeli dari dealer William Mobil Pondok Indah.

keempat mobil tersebut lmbuh Johan, disita dari kediaman Ahmad Fatanah dan diparkir di pelataran gedung KPK.
(Edwin Firdaus)

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Gusti Sawabi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas