• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribunnews.com

Presiden SBY akan Buka JIDD 2013

Kamis, 14 Maret 2013 20:49 WIB
Presiden SBY akan Buka JIDD 2013
Puspen TNI
Untuk mengecek kesiapan operasional satuan yang tergabung dalam misi UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon), pihak PBB mengadakan inspeksi terhadap alat utama sistem senjata (alutsista) dan alat perlengkapan yang digunakan pasukan TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda XXIII-G/UNIFIL atau Indobatt (Indonesian battalion) di Lebanon Selatan. Pemeriksaan yang dikenal dengan COE (Contingent Owned Equipment) ini dilakukan setiap tiga bulan sekali, dan bagi Satgas Yonif Mekanis TNI Konga XXIII-G/UNIFIL (Indobatt), kali ini merupakan pemeriksaan pertama. Kedatangan 13 orang tim dari COE yang diketuai oleh Sergiy Mazurov untuk memeriksa peralatan Satgas Indobatt diterima langsung oleh Dansatgas Konga XXIII-G/UNIFIL Mayor Inf Lucky Avianto beserta para perwira staf terkait, di ruang rapat Markas Indobatt, Adshit al Qusayr, Lebanon Selatan, Senin (17/12/2012).

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pertahanan Republik Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan International Peace Institute (IPI), New York akan menyelenggarakan Jakarta International Defense Dialogue (JIDD) 2013. Presiden SBY dijadwalkan akan membuka forum pertahanan dan diplomasi tersebut.

"Acara tersebut juga akan dihadiri Kepala Negara atau Pemerintahan dan para menteri beberapa pertahanan dari berbagai negara," kata Ketua SC JIDD 2013, Marsekal Madya (Purn) TNI Eris Haryanto di Kementerian Pertahanan, Kamis (14/3/2013).

Eris Haryanto menuturkan, saat ini 32 negara telah menyatakan kesediaan hadir dalam JIDD 2013. Menurutnya, 47 negara diundangan dalam kegiatan ini.

"Kami masih konfirmasi sisa negara lainnya," ujarnya.

Tujuan diadakannya JIDD 2013 adalah untuk mempromosikan kerjasama antar pemerintah dalam menghadapi ancaman-ancaman dan tantangan-tantangan bersama. JIDD juga merupakan forum pembahasan seputar pertahanan dan diplomasi.

JIDD yang ketiga ini akan digelar di Jakarta Convention Center, pada 20-21 Maret 2013. Untuk tema JIDD 2013 adalah 'Defense and Diplomacy in the Asia Pacific Region'.

Dalam penyelenggaraan selama dua hari JIDD 2013 dibagi dalam beberapa kegiatan, antara lain acara pembukaan yang diisi dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Presiden Republik Indonesia, dan Perdana Menteri Timor Leste serta pemutaran video 'The Asia Pasific Century'.

Disamping itu, dalam pembukaan juga dilaksanakan kegiatan dua sesi dialog dengan topik: The Rise of Asia and New Geopolitics in the Asia-Pacific Region dan Impact Asia: Economic Power, Defense, and Diplomacy.

Sementara di hari kedua kegiatan JIDD dilanjutkan dengan dialog para peserta dengan beberapa topik antara lain Envolving Threats and Challengges in Asia Pasific, Trouble Water: Maritime Challenges in Asia Pasific, Porous Borders: Stronger Control and Cooperation; and Museum Military: Growing Capability and Expanding Industry.

Dalam rangkaian kegiatan JIDD 2013, juga akan berlangsung The Asia-Pasifik Security and Defense Expo (APSDEX) yaitu pameran dan konferensi yang bertujuan untuk mempromosikan, menjalin kerjasama di bidang industri khususnya industri pertahanan dan keamanan.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1553781 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas