• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 21 September 2014
Tribunnews.com

KPU Terapkan Standar Ganda Perlakukan PBB dan PKPI

Selasa, 19 Maret 2013 15:06 WIB
KPU Terapkan Standar Ganda Perlakukan PBB dan PKPI
DOK
PKPI Logo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum dituding menerapkan standar ganda dengan menetapkan PBB peserta pemilu atas putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara, dan menolak menetapkan PKPI berdasar putusan Bawaslu.

"Perbedaan respon KPU atas hasil dua lembaga tersebut menunjukkan pembelajaran budaya politik dan hukum yang mengesankan adanya standar ganda," ujar Jojo Rohi mewakili Koalisi Amankan Pemilu 2014 di Cikini, Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Menurut Jojo, ini membingungkan karena kewenangan Bawaslu telah diatur dalam undang-undang, dan fatwa Mahkamah Agung yang juga menguatkan status dan kewenangan lembaga tersebut menguji sidang ajudikasi.

Situasi ini, lanjut Jojo, memprihatinkan karena munculnya standar ganda, ketidakpastian status, dan jalan keluar penyelesaian sengketa sebagaimana yang telah diatur dalam undah-undang.

Karenanya, penyelesaian sengketa pemulu dengan adanya putusan PTTUN, keputusan Bawaslu dan fatwa MA, hendaknya digunakan KPU sebagai momen legitimate untuk memperbaiki keputusannya.

"Untuk kasus PKPI, harusnya sikap KPU juga sama yaitu meloloskannya sebagai peserta pemilu. Hal ini didasarkan pada kewenangan penyelesaian sengketa pemilu yang dimiliki Bawaslu," demikian salah satu sikap Koalisi Amankan Pemilu 2014.

Klik:

Penulis: Y Gustaman
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1572142 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas