• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribunnews.com

KPK Telusuri Asal-usul Mobil Ahmad Fathanah

Kamis, 21 Maret 2013 13:59 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri asal usul kepemilikan mobil tersangka dugaan suap dan pencucian uang dari pengurusan impor daging sapi, Ahmad Fahtanah.

Hal itu terungkap dari keterangan Politisi PKS, Jazuli Juwaini seusai menjalani pemeriksaan di kantor KPK, Jakarta, Kamis (21/3/2013).

Dijelaskannya, pada pemeriksaan tadi, dirinya kerap dicecar mengenai pembelian sebuah mobil yang dilakukan Ahmad Fhatanah.

"Dimintai keterangan tentang mobil Prado yang tahun lalu saya jual kepada sodara Ahmad Fathanah ternyata masih nama saya," kata anggota Komisi VIII DPR tersebut kepada wartwan.

Lebih lanjut, ia juga menerangkan soal jual beli mobil tersebut kepada penyidik. Mekanisme dan cara pembayarannya.

Kendati demikian dirinya membantah terlibat pencucian uang yang dilakukan Ahmad Fhatanah. Pasalnya, terang Jazuli, mobil tersebut sudah dilaporkannya kepada KPK sebelum dirinya menjabat sebagai anggota DPR.

"Dulu saya beli mobil prado ini kredit dari salah satu showroom waktu Pilgub banten buat keliling. Tahun 2011. Harganya 900 jutaan, tapi itu kredit. Saya masukkan juga ke LHKPN," kata Jazuli.

"Setelah selesai pilkada, saya banyak kebutuhan ini dan itu, saya jual. Kebetulan, lewat salah satu sales showroom, tempat saya beli, ternyata yang naksir itu saudara AF, akhirnya saya jual kepada beliau. Karena dia teruskan kreditnya saya jual 600 juta," terang Jazuli lagi.

Jazuli sendiri merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera. Sementra pada perkara dugaan suap impor daging sapi di Kementan, KPK telah menjerat Mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq dan orang dekatnya Ahmad Fhatonah. Selain itu KPK juga mejerat
dua direktur PT Indoguna Utama, yakni Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi sebagai tersangka.

Baik Luthfi dan Ahmad diduga penerima suap.

KPK Juga menyita barang bukti yang diduga merupakan uang suap Rp 1 milliar untuk Luthfi dari tangan Ahmad . Uang itu diduga sebagai panjer dari total pelicin Rp 40 milliar yang akan diberikan PT Indoguna kepada Luthfi.

Luthfi diduga menggunakan kekuasaannya sebagai Presiden PKS.

Sementara, dalam perkara ini, KPK baru menjerat Ahmad Fhatonah sebagai tersangka pencucian uang. Penyidik juga telah menyita empat mobil mewah miliknya beberapa waktu lalu.


(Edwin Firdaus)

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Gusti Sawabi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1579611 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas