• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 Juli 2014
Tribunnews.com

Anyaman Rotan Dayak Kalimantan Nyaris Punah

Jumat, 22 Maret 2013 22:46 WIB
Anyaman Rotan Dayak Kalimantan Nyaris Punah
TRIBUNNEWS.COM/EKO SUTRIYANTO
Anyaman rotan yang dibuat suku Dayak

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keahlian menganyam rotan suku Dayak yang berada di Kalimantan Timur terancam punah. Pasalnya, anyaman selama ini dibuat bukan untuk dijual kembali, namun hanya untuk keperluan sehari-hari.

"Bagaimana tidak terancam punah, anyaman rotan hanya dibuat untuk dalam bentuk  topi untuk menghindari panas, tas, atau anyaman  bentuk bakul untuk mengangkut ternak di ladang juga tidur," tutur  Eddy Mulyadi dari
Yayasan Bhakti Total Bagi Indonesia Lestari di saat konferensi pers perhelatan pagelaran seni "Seni Anyam : Adi Kriya Kalimantan di Bentara Budaya Jakart, Jumat (22/3/2013).

Seiring dengan masuknya bahan-bahan plastik atau kain untuk topi, membuat masyarakat sudah enggan menganyam lagi. Tidak perlu direpotkan, mereka tinggal membeli barang berbahan plastik itu.

"Pikiran mereka ya ngapain menganyam, buat repot. Bisa membeli produk jadi berbahan plastik dengan harga yang sangat murah," katanya.

Dikatakannya,  suku dayak punya keahlian menganyam yang sangat spesifik yang masing-masing lingkungan mempunyai ciri khas yang berbeda-beda.

Menyadari pentingnya mempertahankan warisan budaya ini, Eddy menyatakan memprogramkan menghidupkan kembali produk anyaman Dayak Kalimantan.

"Kami mengambil barang yang mereka buat dan memasarkannya di Balikpapan. Kita juga buatkan  show room agar orang  mengenal anyaman dayak Kalimantan," tuturnya.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Yulis Sulistyawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1584361 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas