• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

Komisi II: KPU Tak Pernah Konsultasi Perpanjangan Waktu Daftar Caleg

Kamis, 28 Maret 2013 18:56 WIB
Komisi II: KPU Tak Pernah Konsultasi Perpanjangan Waktu Daftar Caleg
kpu.go.id

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi II DPR RI membantah pernyataan Ketua Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Manik yang mengklaim telah berkonsultasi melakukan perubahan tahapan perpanjangan daftar bakal calon legislatif lewat Peraturan KPU No 6 Tahun 2013.

Anggota Komisi II DPR RI Arif Wibowo menilai, perubahan jadwal pendaftaran merujuk PKPU No 7 Tahun 2012 dari 9-15 April 2013 menjadi 9-22 April 2013 dengan PKPU No 6 Tahun 2013 mengandung sinyalemen menguntungkan partai tertentu.

"Sinyal itu cukup terasa. Intinya bahwa Peraturan KPU yang ini dikeluarkan semata-mata menguntungkan partai-partai tertentu. Harusnya peraturan berlaku adil bagi semua partai tanpa diskriminasi," ujar Arif di DPR RI, Jakarta, Kamis (28/3/2013).

Sinyalemen itu, Arif melanjutkan, bisa saja terjadi karena ada partai yang baru ditetapkan peserta pemilu, dan satu partai yang sedang bermasalah karena masih memilih partai tertentu. Sehingga maksud KPU menjadi tanda tanya besar.

"Masalahnya adalah kita tidak mau dengan aturan itu. Artinya belum ada proses kkonsultasi dengan DPR. Kalau masih diklaim sudah konsultasi tanyakan Komisi II lainnya," tukas politisi PDI Perjuangan ini sambil menambahkan, 1000 kali perubahan tetap dikonsultasikan.

"Kalau begini terus, KPU melanggar undang-undang. Tugas KPU menjalankan amanat undang-undang secara tegak lurus. Kewenangan atributif kepadanya membuat peraturan KPU tapi tetap sejalan dan tak boleh menyimpang dengan undang-undang," tegasnya.

Atas persoalan ini, Komisi II akan mencecar maksud KPU melakukan perubahan dengan memanggilnya malam ini. Persoalan yang akan difokus lebih mempertanyakan perubahan jadwal tahapan pendaftaran bacaleg dari PKPU No 7 Tahun 2012 ke PKPU No 6 Tahun 2013.

Penulis: Y Gustaman
Editor: Hendra Gunawan
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas