• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribunnews.com

Perpanjangan Pendaftaran Caleg Diduga Pesanan Parpol Tertentu

Kamis, 28 Maret 2013 10:24 WIB
Perpanjangan Pendaftaran Caleg Diduga Pesanan Parpol Tertentu
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perpanjangan masa akhir pendaftaran bakal calon legislator lewat perubahan peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2013 tentang jadwal tahapan pemilu patut dicurigai sebagai pesanan partai politik tertentu.

Demikian disampaikan Koordinator Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahudin yang mengkritik perubahan tahapan pendaftaran bakal caleg yang sebelumnya diatur dalam PKPU No 7 Tahun 2012 diubah dengan PKPU No 6 Tahun 2013.

Menurut Said, kecurigaan ini memberikan sedikitnya empat petunjuk tentang adanya ketidakberesan kerja KPU. Salah satunya adalah perpanjangan batas akhir pendaftaran sebelumnya dimulai pada 9 sampai 15 April menjadi 22 April 2013 merupakan pesanan peserta pemilu tertentu.

“Atau perpanjangan ini merupakan persembahan khusus dari KPU kepada partai politik tertentu,” ujar Said dalam surat elektronik yang diterima Tribunnews.com di Jakarta, Kamis (28/3/2013) sambil menambahkan dugaan didasari adanya parpol yang meminta semacam dispensasi.

Dispensasi ini, Said melanjutkan, ditempuh parpol tertentu karena mengalami kegalauan dengan belum memiliki ketua umum definitif untuk keperluan penandatanganan pendaftaran bacaleg DPR RI. Mereka khawatir tidak akan bisa mengejar jadwal pendaftaran sampai 15 April 2013.

“Sehingga dimungkinkan karena dianggap perlu untuk meminta tambahan waktu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” terang Said menambahkan, permintaan itu pernah dikemas dengan istilah konsultasi yang pernah diajukan tertulis kepada KPU lewat surat 4 Maret 2013.

Said tak mau berspekulasi apakah ada pembicaraan atau pertemuan tertentu untuk kepentingan konsultasi itu selain melalui pengajuan surat secara formal. “Satu hal yang pasti, satu minggu setelah surat diajukan, KPU memperpanjang jadwal pencalonan selama tujuh hari,” katanya.

Ketua KPU Husni Kamil Manik berapa waktu lalu membantah perpanjangan batas akhir pendaftaran bacaleg adalah pesanan parpol tertentu. Ia berdalih perpanjangan tersebut dampak dari perubahan PKPU sebelumnya munculnya PKPU baru membuat tahapan pemilu selanjutnya ikut berubah.

“Jadi enggak ada itu,” ujar Husni kepada wartawan usai menghadiri sidang pelaporan dugaan pelanggaran kode etik yang diadukan sejumlah partai politik, individu, dan Badan Pengawas Pemilu terhadap KPU ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Selasa (26/3/2013).

KPU mengklaim perubahan PKPU Nomor 7 Tahun 2012 menjadi PKPU Nomor 6 Tahun 2013 sudah dikonsultasikan dengan mitranya Komisi II DPR RI termasuk soal tahapan pencalonan. Menurut Husni memang konsultasi ini rencananya akan diteruskan pembahasannya.

Penulis: Y Gustaman
Editor: sanusi
0 KOMENTAR
1604301 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas