• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribunnews.com

PKPI Akui Untung Daftar Caleg Diperpanjang

Jumat, 29 Maret 2013 19:57 WIB
PKPI Akui Untung Daftar Caleg Diperpanjang
DOK

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perubahan tahapan diikuti perpanjangan jadwal pendaftaran bakal calon legislatif dalam Pemilu 2014 diakui memberi keuntungan bagi PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia) yang dikomandani Sutiyoso. Secara blak-blakan, perpanjangan itu diakui baik bagi PKPI yang belum ditetapkan sebagai peserta pemilu.

“Jelas dong itu menguntungkan. Bukan berarti rekrutmen caleg yang dilakukan PKPI baru mulai sekarang karena dimulai sejak lama. Tapi, sungguh satu setengah bulan sidang sengketa membuat kita menderita,” ujar Dewan Pakar PKPI Pandji R Hadinoto kepada Tribunnews.com di Jakarta, Jumat (29/3/2013).

Pandji mengakui, di tengah nasib PKPI belum dipastikan sebagai peserta pemilu karena belum ditentukan sebagai peserta pemilu oleh KPU, banyak kader goyah. Karenanya, di sisa waktu yang tersita ini, PKPI dan seluruh kader sedang bekerja keras untuk bisa memasok 100 persen caleg.

Pengamat politik Soegeng Sarjadi Syndicate Toto Sugiarto menilai, harusnya KPU tetap saja pada Peraturan KPU No 7 Tahun 2012 yang menetapkan tahapan dan jadwal pencalonan anggota dewan mulai 9 sampai 15 April 2013, bukan malah melahirkan PKPU No 6 tahun 2013 yang mengoreksi jadwal pencalonan menjadi 9 sampai 22 April 2013.

“Kalau kemudian alasannya demi fleksibilitas, tidak ada kepastian jadwal, KPU bertindak sewenang-wenang. Ditakutkan, jangan-jangan perubahan PKPU nanti justru lebih banyak soal tahapan. Harusnya KPU mampu melaksanakan peraturan yang dibuatnya sendiri,” terang Toto.

Toto beralasan, perpanjangan itu tidak perlu karena partai politik memiliki waktu panjang untuk menyiapkan kadernya  dalam pesta demokrasi lima tahunan. Justru dengan spare waktu yang ada sekarang, partai politik bisa memenuhi persyaratan perundang-undangan.

Penulis: Y Gustaman
Editor: Hendra Gunawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1609381 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas