Emmaus College Melbourne Jalin Kerjasama

Emmaus College adalah mengunjungi sister school mereka, yaitu Sekolah Santo Yoseph Metland Menteng Jakarta Timur.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sembilan siswa dan dua guru sebuah sekolah Katolik di Melbourne Australia mengunjungi Indonesia sejak 1 hingga 11 April 2013. Salah satu tujuan kedatangan rombongan dari Emmaus College adalah mengunjungi sister school mereka, yaitu Sekolah Santo Yoseph Metland Menteng Jakarta Timur.

Kerjasama sister school antara kedua sekolah sudah berlangsung sejak tahun 1996. Ketika itu beberapa sekolah di Australia sedang mengembangkan pengajaran Bahasa Indonesia. Tawaran dari pihak Depdikbud (kini Depdiknas) kepada pihak sekolah Santo Yoseph diterima baik. Sejak itu dimulailah kerjasama hingga sekarang ini. Salah satu program rutin yang diadakan adalah pertukaran siswa antara kedua sekolah.

Anne Dodgshun, guru Bahasa Indonesia yang memimpin rombongan ini, menyampaikan bahwa kunjungan para siswa mereka ke Indonesia telah lama dinantikan. Namun kunjungan ini baru dapat dilaksanakan pada tahun 2013 ini. Kunjungan sebelumnya dilakukan tahun 2000. “Travel warning” menjadi alas an utamanya.

"Bahasa dan budaya Indonesia banyak diminati para siswa di Australia. Kunjungan ini mempunyai arti penting bagi sekolah kami di Australia dalam upaya mengembangkan pengajaran Bahasa Indonesia dan mengenal lebih dekat budaya dan kebiasaan yang ada di Indonesia,” kata Anne saat memberi sambutan di depan komunitas pendidikan Sekolah Santo Yoseph di Komplek Perumahan Metland Menteng Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Selama di Indonesia, rombongan guru dan siswa Emmaus College mengikuti beberapa kegiatan diantaranya dialog dengan para siswa SMP dan SMA Santo Yoseph, kunjungan ke obyek wisata tanah air. Juga belajar untuk lebih mengenal budaya, tradisi/kebiasaan dan seni yang dimiliki.

Menurut Yohannes Sugiyono Setiadi, salah seorang perintis kerjasama sister school antara kedua sekolah, kerjasama ini diharapkan menjadi sarana untuk lebih meningkatkan hubungan persaudaraan antar bangsa melalui kerjasama pendidikan.

Rombongan para siswa dan guru Emmaus College juga akan mengunjungi Jogjakarta dan Bali hingga 11 April mendatang.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Budi Prasetyo
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved