• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

Kapolri Ingatkan 6 Kapolda Tentang Pengamanan Pilkada

Senin, 8 April 2013 20:19 WIB
Kapolri Ingatkan 6 Kapolda Tentang Pengamanan Pilkada
KOMPAS/LUCKY PRANSISKA
Kepala Polri Jendral Polisi Timur Pradopo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Permasalahan sosial yang berujung pada terganggunya keamanan dan ketertiban. Apalagi dibeberapa daerah akan berlangsung Pilkada, untuk itu Kapolri Jendral Polisi Timur Pradopo untuk mengingatkan pentingnya keberhasilan pengamanan Pilkada.

"Di daerah harus dipersiapkan pengamanan agenda nasional Pemilu 2014, pengalaman Pilkada akan jadi acuan untuk pemilu nasional guna mendukung pesta demokrasi," pesan Timur dalam Serah Terima Jabatan enam Kapolda di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2013).

Semua Kapolda menjadi penanggungjawab dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban di daerah. Polri dikatakan Timur harus menjadi yang terdepan dalam melaksanakan tugas pengamanan. Untuk itu Polri harus membuat sistem pengamanan yang baik bersama unsur lain yang terkait.

Selain itu, pembinaan personel pun perlu menjadi perhhatian. Terang Timur setiam pelanggaran hukum di masyarakat akan menurunkan kredibilitas dan kepercayaan Polri. Persoalan-persoalan korupsi, aksi anarkis, pertambangan, dan petanahan harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan konflik sosial.

"Saya peritahkan kepada para Kapolda untuk secepatnua melakukan penyesuaian diri, turun ke lapangan sesuaikan dengan karakter wilayah, bila ada permasalahan cepat tangani dengan memperhatikan aspek budaya lokal. Bangun komunikasi dengan unsur TNI dan stake holder lainnya," ungkapnya.

Tidak lupa Timur pun berpesan kepada enam Kapolda yang baru dilantik sesuai dengan keadaan wilayahnya. Untuk Kapolda Sumatera Selatan, Timur berpesan supaya mempersiapkan strategi pengamanan Pilkada yang sebentar lagi akan dilaksanakan. "Suhu politik akan meningkat, persiapkan rencana pengamanan," pesan Timur.

Kemudian kepada Kapolda Sumatera Barat Timur berpesan agar Kapolda baru secepatnya melakukan evaluasi segala bentuk permasalahan spesifik yang berada di wilayah yang berpotensi terhadap terganggunya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kemudian Kapolda DI Yogyakarta diminta Timur agar secepatnya memulihkan kondisi di Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan kultural Untuk Kapolda Sulawesi Selatan Timur mengingatkan mengantisipasi pergerakan jaringan terorisme. Kapolda NTT diingatkan untuk senantiasa waspada dan melakukan pengamanan secara optimal, dan Kapolda Maluku Utara diingatkan supaya mempersiapkan pengamanan pemilihan Gubernur Maluku Utara yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

"Setiap dinamika di lapangan para Kapolda harus mencermati setiap fenomena sosial, sehingga bisa melakukan deteksi dini dan melakukan pencegahan," ucapnya.

Kapolri Jendral Polisi Timur Pradopo melantik enam Kapolda baru diantaranya Kapolda Sumatera Selatan, Kapolda Sumatera Barat, Kapolda Yogyakarta, Kapolda Sulawesi Tengah, dan Kapolda Nusa Tenggara Timur di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2013).

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1645121 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas