• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribunnews.com

IPW: Budi Gunawan dan Putut Calon Kuat Kapolri

Selasa, 9 April 2013 19:14 WIB
IPW: Budi Gunawan dan Putut Calon Kuat Kapolri
NET
ILUSTRASI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesian Police Watch (IPW) menyebut, jika pergantian Kapolri dilakukan pada Agustus 2013, maka Komjen Budi Gunawan dan Irjen Putut Eko Bayu Seno akan menjadi nama kuat pengganti Jenderal Timur Pradopo.

Ketua Presidium IPW Neta S Pane menjelaskan, bila pergantian Kapolri dilakukan dalam waktu dekat, maka akan ada dua calon kuat, yaitu Komjen Oegroseno dan Komjen Budi Gunawan.

"Tapi, kalau pergantiannya dilakukan Agustus bersamaan dengan pensiunnya Kasad, ada dua nama, yaitu Budi Gunawan dan Putut. Sebab, dalam waktu dekat ada bintang tiga yang pensiun, dan Putut akan naik ke sana (menempati jabatan bintang tiga)," kata Neta kepada Tribunnews.com melalui pesan BlackBerry Messenger, Selasa (9/4/2013).

Tapi, menurut Neta, saat ini nama-nama itu menjadi tidak pasti. Sebab, hingga kini belum ada tanda-tanda penggodokan terhadap nama calon-calon Kapolri.

"Meski ada beberapa Pati (Perwira Tinggi) Polri sudah beberapa kali dipanggil SBY," ucapnya.

Nama-nama yang memiliki peluang menjadi Kapolri antara lain adalah Kabareskrim Polri Komjen Sutarman. Ia memiliki waktu untuk menjadi Kapolri, bila pengajuan nama calon Kapolri dilakukan pada Agustus 2013.

Namun, bila pergantian dilakukan setelah Oktober 2013, maka kecil kemungkinan bagi jebolan Akpol 1981 menjadi Kapolri, karena saat ini usianya sudah 55 tahun.

Kemudian, Komjen Anang Iskandar yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Jebolan Akpol 1982, dari segi kedinasan memiliki waktu yang cukup panjang, tapi ia memang besar dan meraih bintang satunya di BNN.

Lantas, Komjen Budi Gunawan yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polisi (Kalemdikpol) Polri, sebelumnya menjabat beberapa psosisi strategis, di antaranya Kepala Divisi Propam Mabes Polri dan Kapolda Bali. Sayang, namanya sempat mencuat dalam daftar pemilik rekening gendut Perwira Tinggi Polri.

Nama Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayu Seno pun masuk dalam bursa calon Kapolri. Posisinya bisa menempati jabatan jendral bintang tiga di Mabes Polri. Sebab, Irwasum Polri Komjen Fajar Prihantoro akan pensiun bulan ini. Jabatan Wakapolri pun dalam pertengahan tahun ini akan ditinggalkan Komjen Nanan Soekarna.

Sementara, Imam Sudjarwo yang saat ini menjabat Kabagintelkam, masa kedinasannya sudah hampir berakhir. Jebolan Akpol 1980 akan memasuki masa pensiun paling lama satu tahun lagi. Begitu juga dengan Kabaharkam Polri Komjen Oegroseno, yang memiliki hambatan waktu kedinasan, yang tidak terlalu lama lagi di kepolisian. (*)

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Yaspen Martinus
0 KOMENTAR
1649031 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas