• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

Nyalakan Minat Baca Anak dengan Rumah Baca

Sabtu, 13 April 2013 21:26 WIB
Nyalakan Minat Baca Anak dengan Rumah Baca
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Gerakan menumbuhkan minat baca anak bisa dilakukan dengan beragam cara. Satu di antaranya dengan mendistribusikan buku-buku bacaan ke daerah terpencil di Indonesia, sekaligus mendirikan taman bacaannya.

Indonesia Menyala, salah satu inisiatif Gerakan Indonesia Mengajar, mengadakan program Pack Your Spirit (PYS) 2013. Program ini bertujuan menciptakan budaya membaca pada anak-anak sekolah dasar dengan pendekatan multiaktor.

Terbentuk sejak dua tahun lalu, Indonesia Menyala telah mengirimkan sekitar 70 ribu buah buku ke 17 kabupaten di seluruh Indonesia yang proses pengepakan dan pengirimannya bekerja sama dengan perusahaan jasa pengiriman paket dan logistik JNE.
Buku-buku tersebut turut berperan menjadi amunisi bagi berdirinya 107 perpustakaan dan rumah belajar di daerah penempatan Pengajar Muda.

Berdasar pengalaman, minat baca siswa dan warga tak bisa langsung muncul dengan penyediaan buku-buku bacaan buat mereka. Karena itu gerakan ini juga menggalang partisipasi relawan.

Anies Baswedan, Ketua Gerakan Indonesia Mengajar (IM) di Jakarta, Sabtu (13/4/2013) mengatakan, IM merupakan gerakan bersama masyarakat yang berikhtiar untuk ikut berperan aktif mencerdaskan kehidupan bangsa.

Caranya dengan merekrut, melatih dan mengirim generasi muda terbaik ke berbagai daerah di Indonesia. Mereka mengabdi sebagai Pengajar Muda (PM) di sekolah dasar dan di masyarakat selama satu tahun.

Gerakan ini mengemban misi ganda, membantu mengisi kekurangan guru berkualitas di daerah yang membutuhkan. Serta, menjadi wahana belajar kepemimpinan bagi anak anak muda Indonesia agar memiliki kompetensi kelas dunia dengan memiliki pemahaman tentang akar rumput yang utuh. (choirul arifin)

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1665592 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas