• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 23 Agustus 2014
Tribunnews.com

KPU Terima Data Pemilih Usia Dibawah 10 Tahun

Kamis, 18 April 2013 16:51 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi II DPR RI melakukan pertemuan dengan Komisi  Pemilihan Umum (KPU) pada hari ini. Dalam kesempatan tersebut KPU menyatakan pihaknya telah mendapatkan data pemilih yang terekam melalui Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Data yang masuk lewat E-KTP tersebut berjumlah 134 juta pemilih. Sedangkan sekitar 20 juta penduduk masih menggunakan KTP lama.

“Baru 134 juta yang pakai E-KTP, ada sekitar 50 juta yang belum pakai E-KTP” kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah dalam rapat di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Data tersebut dipaparkan KPU berdasarkan Data Potensial Penduduk Pemilih Pemilu (DP4) yang diserahkan Kementerian Dalam Negeri pada  awal Februari lalu. Komisi saat ini masih dalam proses memutakhirkan data DP4 tersebut. “Kami akan fokus pada pencocokan dan penelitian yang belum terekam E-KTP,” ujarnya.

Selain permasalahan E-KTP, Ferry juga mengungkapkan terdapat 190 juta pemilih yang terdaftar, 0,03 persen di antaranya adalah penduduk berusia 10 tahun ke bawah. KPU juga mengalami hambatan karena ada 14,1 juta warga yang usianya berkisar antara 10-20 tahun masuk dalam data potensial penduduk pemilih Pemilu. “Nanti akan diketahui setelah pencocokan dan penelitian dilapangan," imbuhnya.

Komisi juga mengalami kendala dalam memetakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) lantaran ada sekitar 3 ribu desa tak memiliki kode wilayah.

Ferry mengatakan selain E-KTP, masih ada beberapa masalah yang mengganjal pemutakhiran pemilih seperti  masalah data penduduk tanpa keterangan lokasi Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW). “Ada 43 juta penduduk tercantum tanpa RT/RW," tukasnya.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1685692 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas