• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 30 Oktober 2014
Tribunnews.com

Kisah Hidup Tasripin Mengundang Haru

Jumat, 19 April 2013 11:10 WIB
Kisah Hidup Tasripin Mengundang Haru
Kompas.com
Tasripin dan ketiga adik yang dia tanggung hidupnya

Tribunnews.com, Jakarta - Kisah hidup Tasripin, bocah 12 tahun di Banyumas, yang bertarung seorang diri mencari sesuap nasi untuk menghidupi tiga adiknya mendapat simpati luas di media sosial Twitter dan Facebook.

Pemilik akun Twitter @sugiartofirma mengatakan Asripin hanya salah satu anak Indonesia yang seperti itu dan masih ada berjuta anak yang sama dengan kehidupan Tasripin."Dimana hati wakil rakyat?" tulisnya.

Pemilik akun twitter @mayadilahlove ikut mention twitter Presiden SBY @SBYudhoyono dan mengatakan masih ada kisah-kisah Taspirin lainnya seperti siswanya di Medan yang mencuci plastik bekas di kanal sampai malam hanya untuk mencari sesuap nasi.

Sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam akun twitternya beberapa jam lalu, SBY mengatakan kisah Tasripin di Banyumas yang menjadi buruh tani untuk menghidupi ketiga adiknya sungguh menggores hati kita semua.
"Saya akan segera mengutus Staf Khusus saya, bekerja sama dengan  Gubernur Jateng, untuk mengatasi persoalan hidup Tasripin," kata SBY.
Menurut SBY Tasripin terlalu kecil untuk memikul beban dan tanggung jawab ini. "Secara moral, saya dan kita semua harus membantunya," kata SBY.
Ternyata keprihatinan SBY ini berbuah hasil. Dalam sebuah tayangan televisi tadi pagi, sejumlah anggota TNI dari Kodim 0701 Banyumas dan Korem 071 Wijayakusuma memperbaiki rumah milik Tasripin di Dusun Pesawahan, Banyumas. Sementara Tasripin sendiri tampak diinapkan sementara di sebuah hotel di Banyumas menunggu rumahnya selesai diperbaiki. Bahkan bantuan mulai mengalir kepada Tasripin yang ditinggal kedua orang tuanya itu, ibunya yang telah meninggal dan ayahnya yang pergi berkelana.

Politisi PDI-Perjuangan Budiman Sudjatmiko dalam twitternya @budimandjatmiko  mengatakan membantu satu Taspirin sangat mulai tetap mengubah sistem yang melahirkan Tasripin itu masuk akal (meski tidak dramatis).
Berikut isi twitter Budiman, politisi asal daerah pemilihan Banyumas dan sekitarnya itu :

1. Orang sentimentil akan datangi korban kecelakaan u/ menolong meski puluhan orang sdh di sana u/ membantu #Tasripin

2. Orang rasional mendukung orang2 u/ menolong korban kecelakaan itu, sementara dia bekerja memperbaiki jalan agar tdk terulang #Tasripin

3. Orang visioner merancang & bekerja u/ mencegah kecelakaan di jalan itu bahkan sblm jalan tsb dibuat #Tasripin

(Aco)

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Gusti Sawabi
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas