• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribunnews.com

Festival Budaya Pesantren Meriahkan Harlah GP Ansor

Sabtu, 20 April 2013 20:26 WIB
Festival Budaya Pesantren Meriahkan Harlah GP Ansor
Surya
Ketua GP Ansor, Nusron Wahid

Laporan Wartawan Tribunnews, Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gerakan Pemuda (GP) Ansor menyelenggarakan Festival Budaya Pesantren dengan tema 'Dari Pesantren untuk Bangsa: Merevitalisasi Tradisi dan Menghargai Budaya Lokal', Sabtu (20/4/2013).

Ketua Panitia, Ace Hasa Syadzili mengatakan festival ini diselenggarakan dalam rangka hari lahirnya ke-79. Ada tiga tujuan yang hendak dicapai dari peringatan Harlah GP Ansor tersebut.

"Pertama, menegaskan budaya pesantren sebagai sub kultur Indonesia yang lebih adaptif dan menghargai terhadap tradisi dan kearifan lokal," kata Ace dalam rilis yang diterima Tribunnews, Jakarta, Sabtu (20/4/2013).

Kedua, lanjut Ace, mengembalikan akar budaya Indonesia yang cinta damai, toleran dan ramah.

"Ketiga, menunjukkan komitmen atas kekuatan sejarah, militansi paham keagamaan, militansi perjuangan serta kader GP Ansor dalam membentuk karakter budaya bangsa," terangnya.

Sementara itu Ketua GP Ansor, Nusron Wahid, mengatakan peran dan pengaruh Islam yang lebih menonjol terlihat dalam sistem budaya bangsa.

Nusron mengatakan tradisi Islam Pesantren masuk ke Indonesia dan berinteraksi dengan budaya lokal secara damai, terbuka, dan inklusif.

"Inilah budaya dasar pesantren yang lebih adaptif terhadap tumbuhnya nilai-nilai budaya lokal," kata Nusron.

Acara yang digelar di Balai Kartini Jakarta Selatan itu akan menghadirkan kyai sekaligus budayawan KH Mustofa Bisri atau Gus Mus. Gus Mus adalah pengasuh Pondok Pesantren Rembang, Jawa Tengah.

Selain itu, ada juga Acep Zamzam Noer yang akan membawakan tadarus puisi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Menteri Perdagangan Gita Wiryawan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jakarta
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1693412 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas