• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 1 September 2014
Tribunnews.com

Cegah Politik Uang, Caleg PAN Harus Punya Rekening Khusus Kampanye

Rabu, 24 April 2013 12:12 WIB
Cegah Politik Uang, Caleg PAN Harus Punya Rekening Khusus Kampanye
TRIBUNNEWS.COM/ADE M
Viva Yoga Mauladi

Tribunnews.com, JAKARTA-- Partai Amanat Nasional (PAN) memiliki strategi tersendiri untuk mengantisipasi terjadinya politik uang dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014.

Strategi yang langsung diintruksikan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa ini juga, bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kampanye negatif bagi sesama caleg PAN yang akan bertarung.

Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bapilu) PAN Viva Yoga Mauladi mengungkapkan instruksi itu adalah tiap caleg yang akan maju dalam Pileg harus membuka rekening baru yang dikhususkan untuk dana kampanye.

Instruksi Ketua Umum PAN ini, menurut Viva, tidak lain ditujukan juga agar biaya kampanye tiap caleg menjadi transparan dan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.

"Prinsipnya tidak boleh ada politik uang. Sesama caleg PAN harus kerjasama dan tidak boleh kampanye negatif karena sudah ada kode etiknya," tegas Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI itu kepada Tribunnews.com, Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Selanjutnya dia pastikan pula, tidak ada kewajiban sejumlah dana yang harus disetor caleg kepada Partai.

Lebih lanjut, terkait, biaya kampanye, PAN menyerahkan sepenuhnya kepada caleg itu sendiri. Partai menurutnya, hanya menyediakan alat peraga dalam kampanye seperti bendera, baju, stiker kepada caleg yang dananya berasal dari setoran kader.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Gusti Sawabi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1706571 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas