Sabtu, 27 Desember 2014
Tribunnews.com

Kisruh UN, Komisi X DPR RI Panggil Mendikbud Jumat

Rabu, 24 April 2013 10:49 WIB

Kisruh UN, Komisi X DPR RI Panggil Mendikbud Jumat
Warta Kota/Adhy Kelana
Menteri Negara Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh didampingi Guru SMALB Tunarungu Santi Rama, Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2013) M Nuh berbincang dengan para siswa usai melihat Ujian Nasional (UN) di hari pertama. Para siswa SMALB itu mengaku dapat ngerjakan soal UN dengan baik. (Warta Kota/Adhy Kelana)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi X akan memanggil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh pada Jumat (26/4/2013). Pemanggilan itu terkait kisruh pelaksanaan Ujian Nasional (UN).

"Iya Jumat malam. Pukul 19.00 WIB," kata anggota Komisi X Zulfadli di Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Zulfadli mengatakan pihaknya akan mendengarkan dulu penjelasan Mendikbud. Setelah itu, pihaknya akan mengkritisi pelaksanaan UN tersebut.

Politisi Golkar itu juga mengusulkan agar Komisi X membentuk Panja Evaluasi UN. Sementara anggota Komisi X lainnya, Zainuddin Ahmad mendesak menteri Nuh untuk bertanggung jawab atas semua yang terjadi dalam pelaksanaan UN tahun ini. Tidak cukup hanya dengan meminta maaf atas persoalan yang terjadi, akan tetapi harus ada tindakan nyata dalam upaya perbaikan metode evaluasi pendidikan ke depannya. “Pemerintah harus berani untuk menyerahkan pelaksanaan UN pada badan independen di setiap daerah atau jika pemerintah tidak mampu, maka UN selayaknya harus dihapuskan,” tegas politisi dari dapil Jakarta Timur ini.

Zainuddin mensinyalir bahwa jika hasil UN secara nasional nanti menunjukkan penurunan kualitas atau bahkan jika prosentase ke tidak lulusan siswa meningkat tinggi maka sekolah dapat menolak hasil UN 2013 karena evaluasi pendidikan nasional kita telah gagal.

Olehnya itu Zainuddin mengharapkan pada kemendikbud untuk segera menyiapkan langkah antisipatif terhadap hasil UN ini nantinya agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

Dalam rapat kerja dengan komisi X pada tanggal 26 April mendatang kami akan minta agar Menteri Nuh harus bersikap kesatria dalam mempertanggung jawabkan hal ini dan kita berharap semoga tidak terjadi lagi peristiwa serupa di tahun yang akan datang,” pungkasnya.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Gusti Sawabi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas