• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

Inspektorat Kemendikbud Sudah Laporkan Hasil Investigasi UN

Senin, 29 April 2013 16:57 WIB

Inspektorat Kemendikbud Sudah Laporkan Hasil Investigasi UN
Tribun Kaltim/Geafry Necolsen
Peserta Ujian Nasional dan Ujian Sekolah di Sekolah Luar Biasa, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Tahun ini merupakan tahun pertama SLB Tanjung Redeb menggelar UN.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menyerahkan hasil investigasi terkait permasalahan Ujian Nasional 2013 kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, Senin (29/4/2013).

Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hayono Umar menjelaskan laporan tersebut terkait penyebab-penyebab tidak berjalannya Ujian Nasional secara baik.

"Penyebabnya apa?, ada penyebab di Kemendikbud ada penyebab di percetakan, ada penyebab dipengawasan. Tapi materinya apa silahkan tanyakan ke menteri," kata Hayono saat ditemui wartawan termasuk tribunnews.com di Geduang A Kemendikbud, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2013).

Dalam rekomendasinya, Inspektorat Jendral Kemendikbud pun memberikan sanksi terhadap orang-orang yang dianggap salah. Sanksinya apa, Hayono Umar enggan memberitahukannya secara gamblang. Tetapi menurutnya sanksi yang diberikan merupakan paling berat.

"Nanti tanyakan pak mentri saya tidak boleh sampaikan itu.," ujarnya.

Selain itu, inspektorat jendral Kemendikbud pun memberikan rekomendasi terkait perbaikan manajeman dalam pelaksanaan UN untuk memperbaiki kredibilitas UN, termasuk perbaikan kurikulum

Terkait dugaan tindak pidana, Hayono Umar mengungkapkan bahwa hasil investigasi belum sampai pada proses tender. Tetapi Inspektorat Jendral akan melakukan koordinasi dengan penegak hukum seperti KPK dan Polri. "Iya dong, kita koordinasikan semua," ujarnya.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Johnson Simanjuntak
0 KOMENTAR
1724952 articles 0 0
Default
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas