• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribunnews.com

Wakil Jaksa Agung: Tidak Ada Kata Lain Selain Eksekusi Susno

Senin, 29 April 2013 23:49 WIB
Wakil Jaksa Agung: Tidak Ada Kata Lain Selain Eksekusi Susno
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Mantan Kepala Bareskrim Polri, Susno Duadji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Jaksa Agung Darmono menyatakan, Kejaksaan tetap akan mengeksekusi Susno Duadji. Tidak ada kata lain, selain melakukan eksekusi. Jika jaksa tidak melakukan eksekusi, hal tersebut justru jaksa tidak mematuhi putusan pengadilan yang telah menghukum 3,5 tahun penjara terhadap Susno Duadji.

"Pak Susno Duadji telah dipanggil dan patut menghadap ke Kejari Jakarta Selatan untuk menjalani putusan yang telah berkekuatan hukum tetapl. Dengan demikian, tidak ada kata lain,selain yang bersangkutan dilakukan pencarian dan diharapkan untuk melaksanakan putusan pengadilan," tegas Darmono di Jakarta, Senin (29/4/2013).

Susno menyebut eksekusi yang dilakukan kejaksaan liar, tanpa dasar hukum?
"Kalau dinyatakan liar, itu tidak benar. Yang kita laksanakan sesuai KUHAP dan UU Kejaksaaan. Putusan pengaidlan berkekuatan hukum tetap, justru kami tidak melaksanakn putusan UU jika tidak melakukan eksekusi," terang Susno Duadji.

Mengenai pertanyaan Susno apa jaksa ada motivasi tertentu sehingga ngotot melakukan eksekusi, dibantah Darmono. Menurutnya, kejaksaan melakukan eksekusi tanpa kepentingan apapun. Kepenntingan  yang ada yakni kepentingan penegakan hukum dan kepentingan putusan pengadilan.

"Karena putusan sudah jelas, MA menolak itu mengandung pengertian, putusan kembali ke bawahnya (PT DKI Jakarta). Dengan demikian, kami tidak berkepentingan  minta fatwa ke MA, karena sudah sesuai," lanjut Darmono.

Penulis: Yulis Sulistyawan
0 KOMENTAR
1726411 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas